Kades Ajak Warganya Demo, Ini Tuntutannya

oleh -176 views
ORASI : Kades Sidoharjo Senori saat Orasi dalam Aksi Protes

SENORI – Kepala desa (Kades) mengajak warganya demo? Itulah yang dilakukan Kades Sidoharjo, Kecamata Senori, Tuban Suyanto. Dia mengajak sekitar 50 an warganya untuk protes terhadap pemboran sumur minyak Tapen 4 yang ada di wilayahnya.

Suyanto dan menjadi coordinator lapangan (korlap) sekaligus yang orasi itu menuntut penghentian sementara kegiatan pemboran di lokasi Tapen 4. Sebab,  warga menilai PT Pertamina EP Asset 4 yang menjadi pengelola lapangan minyak, serta dan perusahaan lain yang berada di lokasi pemboran belum melaksanakan koordinasi dengan BUMdes setempat.

‘’PT apapun yang masuk ke desa dalam kaitan pekerjaa dengan Pertamina harus melalui BUMDes. Karena dengan melalui BUMDes, pemerintah desa akan mendapat keuntungan,’’ kata Suyanto.

Saat ini, yang sudah masuk melalui BUMDes adalah hanya PT PDSI, sedangkan perusahaan lain yang diduga juga masuk dan melakukan pekerjaan di lokasi, belum koordinasi.

‘’Kami juga menuntut adanya uang ganti rugi untuk warga sekitar pemboran karena suara yang bising yang ditimbulkan. Warga kami juga harus ada yang jadi tenaga kerja,’’ katanya.

Tak berapa lama, perwakilan warga diajak untuk berdialog bersama dengan pihak PT Petamina dengan didampingi parat dari Koramil dan Polsek  Senori serta Polres Tuban.  Selama menunggu perwakilannya dialog. Massa yang lain menunggu diluar.

Dialog dihadiri Camat Senori Sugeng, Kapolsek AKp Kusrin, Danramil Kapten Kholid Hasyim serta Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Eko Adi W serta sejumlah perwakilan Pertamina dan perusahana yang melakukan kegiatan di lokasi . terhadap tuntutan warga, akan diupayakan jalan keluar terbaik.(rizqi)