Kalapas Wadul Kurang Sarana Penerimaan Tahanan

oleh -
WADUL : Kalapas Tuban Wadul Kekurangan Sarana Penerimaan Tahanan ke Wabup

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Meski masa pandemi, penerimaan tahanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) masih terus jalan. Sementara, Lapas kelas IIB Tuban kekurangan sarana terkait dengan protokol kesehatan untuk para tahanan.

Karena itu, Kepala Lapas Kelas IIB Tuban Siswarno mendatangi kantor Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, Senin (22/06). Kalapas di antaranya membahas persoalan tersebut.

“Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini kerja sama antara pemerintah daerah dan Lapas ke depannya bisa terjalin lebih kuat lagi,” ujar Siswarno.

Dia mengatakan, kerjasama dengan dinas di bawah Pemkab Tuban selama ini berjalan dengan baik. Terutama dengan Dinas Kesehatan (dinkes) soal dengan pencegahan Pandemi Covid-19 di Lapas.

“Sinergi antara Lapas Tuban dan Dinas Kesehatan dalam menanggulangi pencegahan Covid-19 selama ini berjalan lancar,” jelasnya.

Selain itu, lanjut ayah dua anak ini, pihaknya menyampaikan kendala yang ada bahwa Lapas Tuban akan menerima tahanan A3. Namun para tahanan yang mayoritas warga Tuban itu harus melalui serangkaian Rapid Test.

“Arahan pimpinan pusat untuk menerima tahanan harus melampirkan rapid test kita belum ada, dan dinas kesehatan pun tidak ada. Ini yang kita bahas,” ungkapnya.

Siswarno menambahkan mobil ambulans sebagai salah satu sarana juga belum dimiliki Lapas.

“Karena itu, tadi pagi ada warga binaan yang harus di antar ke rumah sakit denga memakai mobil biasa,” katan dia.

Sementara itu Wabup Noor Nahar Hussein mengatakan akan mengusahakan untuk membantu Lapas terutama dalam penanganan Covid-19. Sebab wabup merupakan ketua gugus tugas Covid-19 di Tuban.

‘’Akan kita upayakan,’’ kat Wabup.(yon)

 

Link Banner