Ke Bangkalan Madura, Komisi C DPRD Cari Wawasan Wisata untuk Tuban

oleh -
Komisi C DPRD Tuban meninjau lokasi wisata lahan bekas tambang batu kumbung di Bangkalan, Madura
Komisi C DPRD Tuban kungker ke wisata bekas tambang batu kumbung di Kabupaten Bangkalan, Madura

Tuban-Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban yang membidangi kesejahteraan masyarakat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kungker) ke tempat wisata Bukti Jadih, Kabupaten Bangkalan, Madura, Kemarin (20/2).

Dalam kungker tersebut para wakil rakyat ingin mengetahui pengelolaan wisata alam yang ada di Kabupaten Bangkalan, Madura. Ilmu yang ditimba dari pulau penghasil garam itu, nantinya dapat diterapkan di Kabupaten Tuban untuk kesejahteraan masyarakat.

Ketika di Bangkalan, Komisi C yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Fanani diterima baik oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan, Lily Setyowati.

Disela-sela menerima kunjungan, Lily Setyowati mengungkapkan, tempat wisata yang ada di Kabupaten Bangkalan ini awalnya merupakan lahan tambang batu kumbung milik 6 orang pengusaha. Berkat inisiatif dan kreatifitas pemerintah dan masyarakat sekitar Kabupaten Bangkalan, maka bekas tambang batu kumbung itu didesain menjadi tempat wisata.

“Awalnya tidak tertata dengan memandang lahan yang telah ditambang sedemikian rupa. Tapi, kami berkeinginan agar tempat ini bisa bermanfaat, sehingga kami mencari ide atau agadan ke jawa untuk menjadikan bekas tambang ini sebagai tempat Pariwisata,” jelas Lily begitu sapaan akrabnya.

Komisi C DPRD Tuban meninjau lokasi wisata lahan bekas tambang batu kumbung di Bangkalan, Madura

Setelah ide didapat, kemudian pemkab mendatangkan tim ahli tentang keamanaan di lahan bekas tambang tersebut. Hasilnya, lokasi wisata ini dinyatakan aman karena batu di sekelilingnya agak keras. Selanjutnya, lahan bekas tambang ini disulap menjadi wisata andalan Kabupaten Bangkalan.

“Setelah batu-batunya mengeras, kemudian wisata ini kami jadikan salah satu lokasi wisata andalan di Kabupaten Bangkalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Tuban, Tri Astuti menyampaikan, di wilayah Tuban banyak bekas tambang batu kumbung. Namun, selama ini untuk pengelolaan wisatanya belum ditemukan ide-ide yang tepat. Oleh sebab itu, dengan adanya kungker ini, bekas tambang batu kumbung di Kabupaten Tuban bisa dijadikan sebagai tempat wisata seperti halnya di Kabupaten Bangkalan.

“Kami harap, nantinya Tuban juga memiliki wisata seperti di Kabupaten Bangkalan ini dengan memanfaatkan bekas penambangan batu kumbung,” ujar Wakil Ketua Komisi C yang berasal dari Partai Gerindra itu.(Wandi)

Link Banner