Kecam Amerika, NU Plumpang Bakal Gelar Isthighosah

oleh -
AYO DIHADIRI : Rencana Istighosah dan Doa Bersama NU Plumpang

PLUMPANG – Pernyataan kontroversial Presiden Amerika Donald Trump yang menyatakan Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel juga ditentang Nahdlatul Ulama (NU) Plumpang. Para Kiai dan berbagai elemen masyarakat di Kecamatan Plumpang akan mengadakan isthigosah dan doa bersama bertajuk ‘Munajjah Mengetuk Pintu Langit, untuk keselamatan Palestina’.
‘’Acara akan kami gelar Minggu (17/12) besok,’’ ujar ketua panitia Moh. Anshoruddin, Kamis (14/12).
Acara rencana digelar di Lapangan Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, dimulai pukul 06.30 WIB sampai selesai. Diisi dengan berbagai doa dan isthighosah serta dimeriahkan sholawat Fatihah Indonesia bersama Ustadz Ridwan Asyfi.
Acara tersebut didukung oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Plumpang serta berbagai elemen pemuda dan organisasi otonom NU seperti GP Ansor, Banser, Muslimat dan Fatayat, IPNU dan IPPNU. Juga Pemerintahan kecamatan dan Karang Trauna.
‘’Doa untuk Palestina ini merupakan wujud nyata solidaritas warga NU bukan saja sebagai sesama muslim, namun juga sebagai solidaritas kemanusiaan yang utuh,’’ tambahnya.
Menurut dia, masalah Palestina memang bukan semata-mata persoalan agama, namun lebih dari itu tentang persoalan ketidakadilan kemanusiaan yang sejak lama menjadi persoalan dunia.
‘’Karena itu, sudah selayaknya sesama muslim dan sebagai sesama manusia memberikan solidaritas dan dukungan kepada warga Palestina,’’ kata aktifis Ansor ini.
Gus Udin, begitu dia biasa disapa menyatakan, acara itu diperkirakan akan diikuti sekitar 5000 orang. Panitia, kata dia, sudah korrdinasi dengan berbagai pihak untuk mendatangkan anggota dan jaringannya pada acara tersebut.
Ketua MWC NU Kecamatan Plumpang, KH. Ahmad Muin menghimbau warga Nahdliyin untuk berbondong-bondong datang dalam acara itu.
“Semoga seluruh warga terutama Nahdliyin meluangkan sedikit waktunya mengikuti acara ini. Inshaa Allah jika kita mau bersama dan bersungguh-sungguh memanjatkan doa kepada Allah SWT, doa kita akan menjadi kenyataan dan tentu menjadi dukungan moriil yang sangat berharga bagi saudara kita di Palestina,” tandasnya. (andi)

Link Banner