Kenalkan ISSI dengan Jambore Sepeda Tua

oleh -110 views
NGONTEL BARENG : Pemberangkatan Ngontel Bareng dalam rangka pelantikan pengurus ISSI Tuban

TUBAN – Bumi Wali pernah punya atlet balap sepeda jempolan. Namanya Uyun Mu’zizah. Bukan hanya, tingkat nasional, prestasi tingkat internasional tak sedikit direngkuh. Meski sekarang pembalap perempuan asal Sukolilo, Kecamatan Tuban itu menjadi atlet DKI Jakarta.

Upaya untuk mencetak atlet-atlet kembali menjadi harapan Tuban. Seiring dengan dikukuhkannya Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Dalam rangka pengukuhan pengurus tersebut, ISSI Kabupaten Tuban menggandeng Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Jawa Timur, menggelar ‘Ngontel Karo Bupati Minggu (29/10) di alun-alun Tuban.

“Meski bukan sepeda balap sebagaimana ISSI menaungi cabang olahraganya, kegiatan ini adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenalkan ISSI sebagai olahraga yang saat ini resmi bernaung di KONI Tuban,” ujar Ketua ISSI Tuban Murtadji

Kegiatan itu, juga  untuk memeriahkan peringatan ulang tahun ke 724 Kabupaten Tuban. Setelah dikukuhkan, lanjutnya, pihaknya akan langsung fokus pada pembinaan  atlet balap sepeda. Saat ini sudah ada beberapa atlet yang mulai menjalani program latihan.

“Harapan kami, bakat dan potensi para atlet tergarap dengan baik. Sehingga mampu membawa nama Tuban dalam setiap even melalui prestasi mereka,’’ terang pria yang juga Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ini.

Sementara Wakil Bupati (wabup) Noor Nahar Hussein berharap ISSI langsung menyusun program kerja dan melaksanakannya sebaik mungkin. Sebagai cabang olahraga yang kembali dihidupkan di Bumi Wali, diharapkan dapat menaungi para atlet-etlet berbakat dan tercipta bibit-bibit pesepeda yang bisa diandalkan.

“Semoga balap sepeda dapat berprestasi dan mengarumkan nama Kabupaten Tuban di berbagai kejuaran,’’ katanya.

Wabup juga memberikan apresiasi untuk para pecinta sepeda tua. Hal itu adalah menjaga dan melestarikan sejarah.

“Semoga tahun depan dapat kembali dilaksanakan dan semakin banyak yang mengikuti,’’ harapnya.(andi)