Kenapa Anak Harus Kenal Batik ?

oleh -163 views
MEMBATIK : Siswa SDIT Ala Bashiroh saat Membatik

LAMONGAN  – Mengenalkan batik pada aanak-anak. Itulah yang dilakukan SDIT Ala Bashiroh, Guyangan, Sekarbagus, Sugio, Lamongan. Siswa di sekolah ini diajak berkunjung ke badan usaha milik desa (Bumdes) SaM (Sendangagung Makmur) yang mempunyai usaha batik. Rombongan dipimpin Kepala Sekolah Ahmad Syaikhul Umam dengan membawa 33 siswa dan 6 guru.

Luthfi Yuhandi Ketua Bumdes SaM mengatakan, selain kujungan bisa akan langsung praktek membatik bersama.

“ Nanti adik-adik akan diajari mendesain batik, mewarnai batik dan nanti juga ada prakteknya. Hasil batik adik-adik nanti langsung bisa dibawa pulang,” katanya.

Kepala Sekolah menyampaikan bahwa  kegiatan ini memang tidak terduga meskipun tiap tahun ada kunjungan.

“Tiap tahun kami selalu ada kunjungan, kemarin rencana berkunjung ke panti asuhan ternyata bareng sama kegiatan Cak Nun. Kami ganti konsep, beberapa guru kami beri tugas untuk mencari lokasi kunjungan batik. Akhirnya kami datang ke Desa Sendangagung Paciran Lamongan ini,” ungkapnya.

Dia berharap anak didiknya mengerti proses pembuatan batik dan bisa praktek membatik, sebagai upaya untuk mengenalkan budaya warisan leluhur.

Sekretaris Desa Sendangagung Iswandi juga berharap agar hasil kunjungan bisa dipraktekkan di SDIT Ala Bashiroh.

”Harapan kami semoga ustadz-ustadzah yang ikut mendampingi siswa, bisa membatik begitu juga dengan dan adik-adik ini. Pulang harus bisa membatik, nanti bisa minta bantuan kami. Insyaallah kami siap mendampingi,” katanya. (aidi)