LDNU Isi Materi Pondok Romadlon SMANSA Tuban

oleh
TUBAN KOTA– Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Tuban mengisi acara pondok Ramadlan SMA Negeri 1 Tuban (SMANSA) yang pertama kalinya pada Ramadhan tahun ini. Kesempatan itu diperolehnya saat SMANSA bekerja sama dengan Takmir Masjid Al-Falah Tuban dalam menyelenggarakan pondok Ramadhan. Acara tersebut diadakan pada Kamis, 17 Juli lalu di Masjid Al-Falah Tuban. Selama sehari penuh LDNU mengisi materi acara tersebut.
Dengan materi “Perbankan dan Perekonomian Islam”, seluruh siswa IPA-IPS kelas 3 mengikutinya. Ust. H. M.Gholib. S.Pd.I (Sekretaris LDNU Tuban)dipercaya ketua LDNU untuk menyampaikan materi tersebut.
Ustadz alumnus Yaman ini menjelaskan tentang sejarah perkembangan perekonomian Islam di dunia sampai ke Indonesia, problem dan tantangan ekonomi Islam saat ini, instrumen keuangan syariah di Indonesia dan beberapa akad yang dikenal dalam perekonomian Islam.

Salah satu jenis akad yang dijelaskan Gholib adalah tentang Murabahah. Menurutnya, Murabahah adalah pembiayaan saling menguntungkan yang dilakukan oleh pemilik modal dengan pihak yang membutuhkan, melalui transaksi jual-beli, dengan penjelasan bahwa harga pengadaan barang dan harga jual terdapat nilai lebih yang merupakan keuntungan pemilik modal dan pengembaliannya dilakukan secara tunai atau angsur. (wakhid)