Masuk Tuban, Penumpang dan Kendaraan Dicegat

oleh -814 views
DIPERIKSA : Penumpang Kendaraan Pribadi Juga Diperiksa Sebelum Masuk Tuban

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Sejak Rabu (1/4/2020) seluruh penumpang dan kendaraan yang akan masuk wilayah Tuban diperiksa. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pemeriksaan dilakukan di pos perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah di Kecamatan Bancar. Sedikitnya 70 personel gabungan yang dipimpin langsung Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono memeriksa penumpang untuk mencegah masuknya orang yang terinfeksi Covid-19 ke wilayah Tuban.

‘’Kami hentikan seluruh kendaraan, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Semua penumpangnya kita periksa,’’ ujar Kapolres.

Dia mengatakan, para penumpang dicek suhu tubuhnya. Juga ditanyakan apakah ada keluhan sakit atau tidak selama dalam perjalanan. Jika ada keluhan, saat itu juga langsung diperiksa tim medis yang sudah siaga.

‘’Jika ada yang sakit, atau terindikasi terifeksi, langsung kita tangani secara medis tahap pertama. Di sini ada petugas dari puskesmas dan dinas kesehatan,’’ tambahnya.

Selain memeriksa penumpangnya, menurut mantan Kapolres Madiun ini, kendaraan-kendaraan yang dihentikan juga disemprot disinfektan sebelum diijinkan melanjutkan perjalanan. Hal itu dilakukan untuk memastikan semua orang dan kendaraan yang masuk wilayah Tuban bersih dan bebas virus.

‘’Ini adalah langkah antisipasi kami, dan menindaklanjuti anjuran pemerintah,’’ kata perwira polisi dengan dua melati di pundak ini.

Pemeriksaan penumpang dan kendaraan dari luar kota di pintu masuk dan keluar Tuban itu akan dilakukan setiap hari sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pemeriksaan itu mengikuti perkembangan penanganan Covid-19 yang ada.

Selain itu, perwira asal Ngawi ini meminta masyarakat untuk terus mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak bergerombol dan menjaga jarak ketika berkumpul. Razia ke lokasi-lokasi tempat mangkal warga juga terus dilakukan.

‘’Mari kita bersama-sama membangun kesadaran untuk mematuhi anjuran pemerintah, demi kebaikan bersama,’’ tandasnya.(yon)