Masuki Peralihan Musim Ini Prediksi BMKG

oleh -255 views

TUBAN – Mulai Oktober ini mulai memasuki masa peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan. Karena itu, kondisi cuaca sedang tidak stabil. Bahkan, sering muncul cuaca ekstrim seperti hujan lebat, angin kencang dan putting beliung yang disebabkan kondisi atmosfer yang tidak stabil atau unstable atmosphere.

Sesuai dengan prediksi dari Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban mulai memasuki musim hujan pada November minggu pertama sampai ketiga mendatang. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban meminta warga selalu waspada, karena sewaktu-waktu cuaca ekstrim seperti yang disebutkan tersebut bisa muncul.

TAMPUNG AIR : Warga Desa Genaharjo, Semanding saat Menampung Air Bantuan BPBD

Kecamatan yang diprediksi mengalami dampak akibat peraliham cuaca itu adalah Kecamatan Bancar, Bangilan, Jatirogo, Jenu dan Kenduruan. Kemudian Kecamatan Kerek, Merakurak, Montong, Palang serta Parengan. Juga Kecamatan Plumpang, Rengel, Semanding, Senori dan Singgahan. Selain itu Kecamatan Soko, Tambakboyo, Tuban dan Widang.

Meski demikian, sampai saat ini BPBD masih melakukan droping air bersih ke sejumlah desa yang rawan air bersih.  Bahkan, droping air itu terus dilakukan sampai menjelang malam. Seperti yang dilakukan di Desa Genaharjo Kecamatan Semanding Sabtu (7/10). ‘’Semakin malam semakin  ramai warga menunggu droping air bersih di Desa Genaharjo Semanding,’’ kata Kepala BPBD Joko Ludiyono.(rizqi)

Link Banner