Mau Tahu Jumlah Air Bersih yang Sudah Dibagikan Pemkab?

oleh -148 views
ANTRE AIR : Warga saat Anter air Bersih yang Dibagikan Pemkab

 

TUBAN – Sejak krisis air bersih melanda sebagian wilayah di Kabupaten Tuban sekitar dua bulan lalu, sudah jutaan liter air bersih yang dibagikan oleh Pemkab Tuban pada masyarakat. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), setiap hari minimal tiga tangki air bersih dibagikan ke desa-desa yang membutuhkan.

‘’Tiga tangki itu dengan kapasitas 6.000 liter dua tangki, dan yang satu tangki kapasitas 5.000 liter,’’ ujar Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono.

Sampai Minggu (15/10) kemarin, sudah 322 tangki yang dibagikan. Pembagian kemarin di Desa Jatisari, Kecamatan Senori dan Desa Maindu dan Nguluhan Kecamatan Montong.  Jika dibuat rata-rata kapasitas tangki 5.000 liter saja, sudah lebih dari 1,6 juta liter air yang dibagikan.

‘’Bantuan ini tidak akan berhenti sampai desa-desa yang membutuhkan terpenuhi kebutuhan airnya,’’ tambah Joko.

Mantan Camat Widang ini menjelaskan, selain ditopang APBD kabupaten, bantuan air bersih itu juga dibantu oleh pemerintah provinsi. Ada juga yang bantuan dari pihak ketiga, misalnya kalangan perusahaan swasta, BUMN, lembaga sosial atau pihak lain yang peduli.

‘’Bupati sudah mengeluarkan SK kondisi darurat kekeringan, sehingga penanganan krisis air bersih dan dampak kekeringan menjadi prioritas,’’  katanya.

Bagi desa-desa yang membutuhkan air bersih dipersilakan mengajukan bantuan air bersih ke pemkab, dengan mengetahui camat masing-masing. ‘’Setiap desa minimal dua tangki bantuan yang kami berikan,’’ tandasnya.(rizqi)