Melalui P2MSG, PT SI Perdayakan 10 OMS di Kecamatan Jenu

oleh -
Penyerahan secara simbolis dana CSR Pt Semen Indonesia kepada OMS di Kecamatan Jenu

Wartawan: Edy Suprayogi

Tuban,Tabloidnusa.com-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban terus menjalankan komitmennya untuk memperdayakan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di Wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Salah satunya memberikan 10 OMS melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG).

Kesepuluh OMS tersebut yakni FMK Maju Bersama, PKK, Dharma Wanita, Karang Taruna Kec Jenu, PAC Fatayat, PAC GP Ansor, Pokdakan Sekerta, TPQ Shohiburrohman, MI Manbail Futuh, dan MI Matholibul Huda. Melalui realisasi dana CSR PT SI, 10 OMS tersebut menerima dana sejumlah Rp 250 juta.

Secara simbolis Perwakilan PT. SI menyerahkan langsung kepada FMK dan OMS sekaligus launching program yang digelar di Pendopo Kecamatan Jenu, Jumat, (30/11/2018) siang. Selain itu, acara ini dihadiri oleh Perwakilan PT. SI, Tim Konsultan P2M-SG, Forkompimka, Ketua OMS dan Tokoh Masyarakat (Tomas).

Koordinator FMK Maju Bersama Kecamatan Jenu, Rifqi Mukhlashon, mengungkapkan, keberadaan P2M-SG ini telah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi OMS untuk mengajukan program. Acara ini merupakan tahapan bersama sejak Juli 2018 lalu melalui sosialisasi tingkat kecamatan program P2MSG. Berawal dari itu OMS bisa merancang program dengan mandiri dan dijalankan sebaik-baiknya dalam monitoring FMK dan P2M SG.

“Kami ucapkan terima kasih kepada SI dan P2M SG yang telah komitmen memperdayakan OMS di Wilayah Jenu,” terangnya.

Kata dia, alokasi dana pemberdayaan FMK senilai Rp 25 juta akan dipertanggungjawabkan secara profesional dan transparan. Kedepan, akan mengagendakan fokus grup diskusi guna menjaring aspirasi masyarakat.
“Dan kami akan selalu koordinasi dan monitoring kegiatan kepada OMS,” paparnya.

Sementara itu, Camat Jenu, M. Maftuhin Riza, mengatakan, terima kasih atas semua pihak yang telah mendukung program ini. Khusunya pihak Semen Indonesia Group yang telah merealisasikan dana CSR untuk warga. Harapannya, program ini mampu bersinergi dengan baik dengan pemerintah kecamatan dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami harap kedepan pemberdayaan bisa fokus kepemudaan dan kebidang lain, yang bisa mengangkat ekonomi dan sumber daya manusianya,” harapnya.

Terpisah, Perwakilan PT. SI, Setiawan Prasetyo dalam sambutannya mengungkapkan, realisasi program ini melalui tahap panjang harus bersih. Semua akan dipertanggungjawabkan secara professional, karena PT. Semen Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang diaudit. Sementara di Kecamatan Jenu merupakan jumlah OMS-nya paling banyak. Ini merupakan hal positif bagi masyarakat Jenu.

“Kami akan memonitoring kegiatan ini dan bisa dilaporkan secara tranparan dan akuntabel dengan evaluasi yang bersinambungan, mana dari program atau kegiatan yang telah OMS lakukan. ” Mohon doa restu dari masyarakat agar PT. SI semakin kokoh tak tertandingi,” bebernya.

Sementara itu, di sela-sela kesibukannya kepada tabloisnuda.com Koordinator Fasdes P2M-SG Wilayah Jenu, Fahrudin menerangkan, ada 9 desa dan satu kecamatan yang merima realisasi dana CSR PT SI tahun ini masing-masing Rp 250 Juta. Total di wilayah Jenu sebesar Rp 2,5 Milyar yang realisasi dengan total 85 program dari OMS. Sebanyak 85 program tersebut terdiri dari pemberdayaan dan fisik berbasis pemberdayaan. Kepada OMS yang telah terealisasi, selamat menjalankan program dengan sebaik-baiknya. Sebab, dalam pelaksanaannya akan dimonitoring oleh tim yakni DPRD, Bappeda, media, SI, FMK, Kades, Camat, dan KPR.

“Pasca pencairan dana kepada FMK dan OMS, agar memperhatikan mekanisme dan tata cara penyusunan laporan pertanggungjawaban secara obyektif dan akuntable,” pungkasnya.(Edy/Wn)