Memasuki Revolusi Industri 4.0, Ini Pesan Dikti Pada Lulusan Unirow

oleh
Prosesi wisuda Unirow Tuban

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, Prof.Dr.Ir.Suprapto, DEA menyampaikan, agar wisudawan atau lulusan Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban terus meningkatkan daya saing supaya tidak mengalami disrupsi. Sebab, saat ini telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan internet dan teknologi digital.

“Kita harus terus meningkatkan daya saing supaya tidak mengalami disrupsi pada diri kita,” pesan Ketua LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur dihadapan ribuan wisudawan Unirow saat di gedung Graha Sandia, Merakurak, Kabupaten Tuban, pada Rabu (7/11/2018).

Prof Suprapto sapaan akrabya mengucapkan, apresiasi kepada Unirow atas keberhasilan-keberhasilan yang telah dilaksanakan selama ini. Karena selalu mencurahkan perhatiannya untuk pendidikan. “Selamat kepada Unirow Tuban yang bisa menyelenggarakan wisuda sarjana,” ungkapnya.

Disisi lain, Ketua PGRI Jawa Timur Drs. H. Ichwan Sumadi, MM mengapresiasi, setinggi-tingginya kepada Unirow karena mampu menjadi perguruan tinggi handal dengan menunjukkan perkembangan yang sangat luar biasa.

“Unirow ini menjadi perguruan tinggi handal dengan menunjukkan perkembangannya,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuhan, Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes mengatakan, pada tahun ini sebanyak 1.156 mahasiswa telah menyandang gelar S1. Mereka berasal dari 5 fakultas, diantaranya FKIP, FMIPA, FAKANLUT, TEKNIK dan FISIP.

“Wisudawan dari fakultas pendidikan sebanyak 878 dan dari fakultas non pendidikan sebanyak 278 wisudawan,” ujar Dian sapaan karibnya.

Kata dia, saat ini Unirow telah masuk peringkat 187 dari 1.165 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Sedangkan, pada 2016 dan 2017 Unirow masuk peringkat 501.

“Di tahun ini merupakan kado manis bagi wisudawan dan wisudawati karena Unirow 81 persen sudah terakreditasi B hal tersebut seauai amanah UU Nomor 12 tahun 2012,” jelasnya.

Tidak hanya itu, selain prestasi di tahun 2018 penigkatan di bidang penelitian mencapai 350 persen. Sebanyak 22 Dosen mendapat hibah penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian masyarakat Kemenristekdikti. Sedangkan, untuk kemahasiswaan Unirow menyabat juara 1 Peksimida jatim, juara harapan 1 Peksiminas XIV di Yogyakarta, juara II tangkai lomba penulisan cerpen, juara harapan 1 tangkai lomba kroncong, juara harapan II tangkai lomba lagu pop Peksemida, juara 1 karakter se-Jawa Bali, Juara Duta Pemuda tingkat Kabupaten Tuban, juara II Nduk Kabupaten Tuban.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang telah diraih. Semoga prestasi ini bisa di tingkatkan dan dipertahankan,” pungkasnya.(Lam/Wn)