Mengharap Berkah Haul ke 508 Sunan Bonang

oleh -240 views
BERKAH : Para Pengunjung Haul Sunan Bonang saat Menyerbu PKL

Berkah keberadaan makam Sunan Bonang di Kabupaten Tuban tidak hanya dirasakan masyarakat setempat saja. Namun, juga di rasakan masyarakat yang berada di luar Tuban. Khusus saat haul seperti saat ini.

Haul ke 508 Sunan Bonang yang puncaknya pada Kamis  (5/10) ini, ratusan pedagang kaki lima (PKL) berdatangan. Berbagai dagangan dipajang. Mulai makanan, minuman, buah, mainan anak-anak dan pakaian disediakan.

Mereka memadati jalanan di yang menuju ke Alun-Alun sejak beberapa hari sebelumnya.  Mereka datang dari berbagai daerah. Para PKL itu, datang untuk mengais rejeki dan berkah haul. Meski  mereka harus tidur di bawah tenda jualannya.

“Saya kesini sudah Selasa (3/10) lalu Mas. Jika tidak datang lebih dulu, khawatir tidak dapat tempat untuk jualan,”  ujar Siti, salah satu PKL yang mengaku berasal dari Lamongan,’’ saat ditemui Tabloidnusa.com di lokasi jualannya.

Hal yang sama juga diungkapkan Lastri, salah satu pedagang dodol asal Kudus, Jawa Tengah . Dia mengaku setiap tahun rutin berjualan di acara haul ini. Menurut dia, haul Sunan Bonang dipastikan ramai dan barang jualan akan habis.

“Kalau barang yang kita bawa habis, akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 5 juta. Kalau sepi ya sekitar Rp 2 juta,’’ terangnya.

Sepanjang ruas jalan yang berada di sekitar Alun-Alun memang sudah dipenuhi para pedangang. Mereka berbaur dengan  pengunjung haul. Sehingga, sejumlah jalan seperti Jalan Veteran, KH Mustain, Panglima Sudirman, dan di sepanjang jalan Sunan Bonang penuh sesak dengan manusia.

Kawasan yang steril dari PKL hanya di sepanjang Jalan RA Kartini depan kantor Pemkab Tuban. Sebab, jalan tersebut digunakan akses bupati dan para pejabat serta pegawia pemkab dan tokoh agama yang akan menghadiri acara tersebut.(zainul)