MI Mathlaul Ulum pada Pergama I Kecamatan Widang

oleh -191 views



JENU– Datang dengan persiapan  yang sangat matang membuat MI Mathlaul Ulum mampu muncul sebagai Juara Umum I dalam Pergama I Kecamatan Widang (13-15/10/2012). Ahmad Muamar, S.Pd, pendamping dari MI Mathlaul Ulum mengatakan sebelum berangkat mengikuti acara Pergama I itu, dia bersama kepala sekolah dan guru telah membuat perhitungan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sekolahnya. Sehingga dia tidak mengikutsertakan siswa-siswinya pada seluruh perlombaan yang dibuka. Dia hanya mengikutkan mereka pada lomba-lomba yang menjadi targetnya.
“Kita tonjolkan apa yang kita miliki. Kalau semua lomba diikuti, takutnya nanti malah yang menonjol tidak tersalurkan karena harus melatih yang lain,” ungkapnya.
Perlombaan yang menjadi target kemenangan adalah bola voli, lari cepat, dan lompat jauh. Dari 3 target itu hanya bola voli yang dianggapnya gagal tercapai. Selain olah raga, seni gambar juga telah masuk dalam target juara. Sebab, MI Mathlaul Ulum memiliki guru lukis yang bagus.
Dari perhitungan itu, dia selama 2 minggu sebelum mengikuti lomba memfokuskan latihan anak pada beberapa perlombaan yang menjadi targetnya. Karena dia adalah guru olah raga yang setiap minggu mengajari anak-anak berolah raga, maka dia merasa mudah memilih anak yang menurutnya memang berbakat pada bidang-bidang olah raga tertentu.
Untuk menguatkan mental anak, agar saat lomba tidak down, dia mempunyai beberapa cara, di antaranya: memperlihatkan pada anak-anak beberapa video perlombaan dunia, seperti bola voli dan yang lainnya; memberi janji liburan jika mampu menjadi Juara Umum; dan member briefingsebelum mengikuti lomba.
Karena merasa persiapan yang dilakukan sangat maksimal, sekolahnya memasang target Juara Umum. Dan akhirnya target itu tercapai setelah seluruh lomba selesai dilakukan.
Tercatat MI Mathlaul Ulum menyabet Juara I PA-PI pada lomba Lompat Jauh, Juara I PA-PI pada lomba Melukis (menggambar), Juara I PA pada lomba Lari Cepat. Selain 5 Juara I itu, MI Mathlaul Ulum juga meraih Juara II pada lomba Lari Cepat PI.
Kepala MI Mathlaul Ulum, Ainur Rofiq, S.Pd.I merasa senang dan bangga pada siswa-siswinya yang mampu meraih prestasi Juara Umum I dalam acara yang diikuti oleh madrasah ibtidaiyah se-kecamatan Widang itu. Kepala Madrasah sekaliguskKetua MWC NU Widang ini juga menjanjikan rewardpada siswa-siswinya kalau juara maka akan diajak liburan ke tempat pemandian. “Ya, biasanya kalau juara kita pergi ke tempat-tempat pemandian, ke Beti atau ke Paciran,” ungkapnya.

Siswa-siswi Mathlaul Ulum merasa puas dan senang karena sekolah mereka menjadi Juara Umum I dalam acara itu. Ahmad Riyanto, yang menjuarai lomba Lari Cepat, mengaku sudah terbiasa berlari-lari saat di rumah. Dia juga tercatat sebagai murid SSB (Sekolah Sepak Bola) di desanya. (wakhid)