Nama Menguat di PDI Perjuangan, Setiajit Klaim Sudah Kantongi 12 Kursi

oleh -
KANTONGI 12 KURSI : Setiajit Mengaku Sudah Kantongi 12 Kursi untuk Pilkada Desember Nanti

TUBAN

Wartawan : Eka Ferbiyani

Tabloidnusa.com – Setiajit diperkirakan saat ini Setiajit sudah mengantongi 12 kursi yang akan mengusungnya dalam pilkada Desember nanti. Kursi itu dari PDIP 5, PAN 3, PPP 2, serta dari Hanura dan PBB masing-masing 1 kursi. Sedang partai lain misalnya Golkar dan Gerindra bahkan NasDem masih komunikasi intensif.

Indikasi itu sudah terbaca mulai saat ini. Bahkan, untuk PDI Perjuangan misalnya selangkah lagi Setiajit bakal mengantongi rekomendasi (rekom) dari DPP PDI Perjuangan. Isyarat itu diberikan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, saat dihubungi Minggu (21/6/2020) petang menyatakan, nama Setiajit menguat untuk mendapat rekom dari DPP PDI Perjuangan.

‘’(Rekomendasi) masih dalam proses. Insyaallah nama Pak Setiajit menguat,’’ ujarnya.

Ketua  Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur ini mengatakan, rekom untuk Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut sedang dalam proses. Ketika ditanya kapan kira-kira rekom itu turun, Tari, begitu wakil rakyat ini biasa dipanggil belum bisa memastikan.

‘’Ditunggu saja ya,’’ pintanya.

Saat ditanya berapa persen peluang Setiajit mendapat rekom dari DPP PDI Perjuangan, lagi-lagi Tari menjawab diplomatis.

‘’Saya tidak dalam posisi bisa memberi angka prosentase. DPP yang menentukan, tapi nama Pak Setajid kami usulkan sebagai cabup,’’ tegasnya.

Sekadar diketahui, Setiajit selama ini sudah bergerak di kalangan pengurus dan kader PDI Perjuangan Tuban. Bahkan, menjelang Lebaran lalu, mambagikan paket sembako pada seluruh pengurus PDI Perjuangan.

Mulai cabang, anak cabang, ranting hingga anak ranting. Bungkus paket sembako itu juga sudah memasang logo PDI Perjuangan, selain foto Setiajit. Hal itu indikasi bahwa Setiajit akan berangkat melalui PDI Perjuangan sangat kuat.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur, Kelana Aprilianto. Dia mengatakan untuk pilkada Tuban partainya mengusung Setiajit. Karena itu, dia sudah memerintahkan jajaran DPC Hanura Tuban untuk merapat ke Setiajit. Di DPRD Tuban, Hanura mempunyai satu kursi, dan kursi itu akan diberikan ke Setiajit.

‘’Pak Setiajit,’’ jawabnya mantap saat ditanya pada siapa kursi Hanura diberikan.

Karena itu, Kelana menjamin rekomendasi DPP Hanura juga akan  diberikan ke Setiajit. Hanya, saat ini rekom itu belum turun karena masih menunggu siapa pasangan yang akan menjadi wakil bupati untuk Setiajit. Sebab, rekon nanti diberikan pada pasangan cabup dan cawabup. ‘’Rekom ke Pak Setiajit, akan segera turun,’’ tegas Kelana terkait rekom dan waktu turunnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPW PPP Jatim Supratno juga menyatakan Setiajit bakal mendapat rekomendasi dari DPP partainya. Meski demikian, kata dia, mekanisme partai tetap harus dilalui.

Supratno menjelaskan, berdasarkan hasil Rakercab PPP Tuban, Setiajit diusulkan sebagai salah satu cabup. Cabup berikutnya Eko Wahyudi. Sementara cawabupnya Adi Widodo dan Agus Maimun. Hasil rakercab tersebut sudah diterima DPW PPP Jatim.

Setelah menerima usulan nama tersebut, kata dia, DPW melanjutkan usulan ke DPP. Dalam pengusulan tersebut, terang  Supratno, pengurus wilayah bisa mengusulkan paket pasangan cabup-cawabup dengan mempertimbangkan konstelasi politik.

”Sebelum kita usulkan ke DPP, kita lebih dulu meminta konstestan untuk datang dan taaruf lebih jauh,” ujar  Koordinator Desk Pilkada Kabupaten Tuban itu.

Sementara, Setiajit mengatakan, sudah menjalin komunikasi intens dan mengarah ke hal yang teknis dengan beberapa partai politik.

”Mohon doa restunya,” kata dia.

Hal itu, lanjut Setiajit, untuk menjawab keraguan publik terkait parpol yang memberangkatkan dia dalam pilkada nanti. Sebab, hampir semua pemberitaan media terkait konstelasi pesta demokrasi pilkada Tuban belum memperhitungkan Setiajit. Dia dianggap tidak memiliki kans kuat mengikuti pilkada.

‘’Insyaallah tetap berangkat. Kendaraan insyaallah sudah siap,’’ tegasnya.(yon)

 

 

 

 

Link Banner