Nelayan Bakal Dibantu Kapal

oleh -
BLUSUKAN : Bupati Tuban saat Blusukan ke Kampung Nelayan Palang
BLUSUKAN : Bupati Tuban saat Blusukan ke Kampung Nelayan Palang

*Bupati Blusukan ke Kampung Nelayan

BLUSUKAN : Bupati Tuban saat Blusukan ke Kampung Nelayan Palang
BLUSUKAN : Bupati Tuban saat Blusukan ke Kampung Nelayan Palang

TUBAN – Bupati Tuban Fathul Huda melakukan  blusukan di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban, Senin ( 29/01/2018). Orang nomor satu di Bumi wali itu ingin melihat dari dekat kehidupan para nelayan. Sehingga mendapat masukan untuk bahan membuat kebijakan.

Bupati yang didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan M. Amenan itu berkunjung di tiga tempat. Yakni di tempat pelelangan ikan (TPI), kemudian di  PT Berkat Agung Indonesia, sebuah perusahaan pengepakan ikan yang berada di Desa Leran Kulon. Terakhir berkunjung ke koperasi Pugar Ronggolawe Makmur, koperasi yang menjadi lumbung garam di Desa Cempokorejo.

Kehidupan nelayan di musim angin kencang dan gelombang tinggi cukup sulit. Pendapatan nelayan sekitar Rp 300 ribu untuk dua orang  di ari biasa. Tapi,  kalau cuaca seperti ini hanya Rp 80 ribu per orang.

‘’Karena itu nelayan harus diperhatikan dengan khusus jelas,’’ ujar bupati.

Karena penghasilannya kecil, nelayan tidak bisa membeli kapal sendiri. Sebab, kapal nelayan harga sampai puluhan juta rupiah. Kebanyakan nelayan hanya menjadi buruh atau anak buah kapal milik pengusaha.

‘’Pemkab sudah memikirkan untuk member bantuan kapal pada nelayan. Tentu sesuai kemampuan keuangan kita,’’ tambahnya.

Sementara, M. Amenan menambahkan, nelayan yang hanya menjadi buruh atau anak buah kapal tidak akan keluar dari  kemiskinan kalau tidak punya produksi sendiri. Maka dari itu, pemkab akan memberikan bantuan kapal sebanyak  10 unit . Kapal itu akan dibagikan di Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Palang, dan Tuban. Bantuan akan diberikan pada nelayan yang dinilai paling membutuhkan.

‘’Kita kasih bantuan 10 unit kapal yang kita berikan kepada nelayan yang sudah kita nilai sesuai mekanisme,’’ katanya.(salam)