Nyatakan Sebagai Kabupaten Layak Anak

oleh -
RAMAH ANAK : Bupati Fathul Huda saat Menabung Kentongan sebagai Tanda Tuban Ramah Anak

TUBAN – Kabupaten Tuban menyatakan sebagai kabupaten layak anak. Kemarin, deklarasi itu dilaksanakan di pendopo Kridho Manunggal Tuban. Kegiatan dimeriahkan dengan pertunjukan dari anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Ronggolawe Tuban yang menampilkan pertunjukan seni drama kontemporer. Juga tari dari siswa SD Luar Biasa. Deklarasi Tuban Layak Anak ditandai pemukulan kentongan oleh Bupati bersama anak-anak.

‘’Lingkungan dan keluarga yang ramah anak diperlukan untuk mewujudkan suasana kondusif bagi tumbuh kembang anak yang sehat berprestasi dan berakhlak mulia. Ini menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk mewujudkan,’’ ujar  Bupati Tuban Fathul Huda.

Menurut bupati, sebenarnya Tuban sudah mencanangkan kabupaten Layak Anak sejak tahun 2013. Hal ini dibuktikan melalui Perda dan Keputusan Bupati. Kabupaten atau kota layak anak, kata dia,  mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, lembaga masyarakat, media massa, dan dunia usaha.

‘’Anak merupakan bagian dari masa kini yang tidak hanya menjadi obyek, namun menjadi subyek yang berperan dalam menentukan masa depan, ‘’ katanya.

Sementara, One Widyawati, S.Km., M.Kes dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur mengatakan, negara wajib memenuhi 5 cluster yang menjadi hak-hak anak. Yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan kebudayaan, serta perlindungan khusus.

‘’Kabupaten Layak Anak bisa diwujudkan dengan mengedepankan tata pemerintahan yang baik, non-diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, dan hak untuk hidup serta penghargaan terhadap pandangan anak,’’ jelasnya.

Keseriusan Pemerintah Provinsi Jatim dalam mewujudkan Kabupaten/Kota Layak anak ini membuahkan hasil. Tahun ini Jawa Timur menerima penghargaan sebagai Provinsi Penggerak Kabupaten/Kota layak anak. Dari 38 kabupaten/kota, sudah 27 kabupaten/Kota yang layak anak. (rizqi)

Link Banner