Pakai Knalpot Brong di Malam Tahun Baru, Tilang !

oleh -

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com– Poltres Tuban melalui Satlantas menyisir bengkel dan toko yang menjual knalpot brong. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi konvoi motor pada saat malam pergantian tahun yang sering terjadi.

Pemilik bengkel dan toko tersebut diberi himbauan untuk tidak menjual atau melayani pemasangan knalpot brong pada motor selama menjelang tahun baru.

Kanit Diyaksa Satlantas Polres Tuban, Ipda Sampir Santoso mengatakan, kegiatan sosialisasi dan inventarisir ini dilakukan terhadap toko-toko variasi motor yang menjual knalpot racing yang tidak standar sesuai dengan keluaran pabrik.

“Kegiatan ini sebagai antisipasi konvoi saat malam pergantian tahun baru. Karena biasanya anak-anak muda ini mengganti dengan knalpot brong, apalagi pengguna knalpot ini biasanya mengendarai kendaraanya dengan kecepatan tinggi, sehingga sangat membahayakan dan meresahkan warga,” ujar Ipda Sampir Santoso, Selasa (29/12/2020).

Dalam kegiatan ini petugas hanya memberikan imbauan kepada penjual tanpa diberi sanksi ataupun penyitaan. Namun, bagi toko yang kedapatan menjual knalpot brong diimbau untuk tidak memajang di kios.

“Seluruh bengkel yang menyediakan knalpot brong kita imbau untuk diturunkan, dan ini kita lakukan menyeluruh di Tuban lewat polsek-polsek,” tambahnya.

Jika nanti masih ada yang nekat memasang knalpot brong akan ditindak tegas dengan penilangan, hingga penyitaan kendaraan.

Selain itu, masyarakat dihimbau untuk tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebihan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kalau kedapatan masih memakai kanlpot brong akan ditilang sampai disita sepeda motornya. Saat ini masih pandemi lebih baik di rumah saja jika tidak benar-benar diperlukan,” tandasnya.(yon)