Pasien Covid-19 Tinggi, Setiajit Ajak Patuhi Protokol Kesehatan

oleh -
DISIPLIN : Disiplin Bermasker Salah Satu Upaya Pencegahan Persebaran Covid-19

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus meningkatnya.

Karena itu, Setiajit, anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pemerintah Provinsi Jawa Timur juga getol mengajak masyartakat Tuban untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan persebaran wabah tersebut.

Salah satu yang terus dikampanyekan adalah pemakaian masker. Sebab, banyak anggota masyarakat yang masih abai. Banyak dijumpai warga beraktivitas di luar rumah tanpa masker.

‘’Gerakan satu rumah satu masker yang akan saya lakukan 19 Juli besok itu dalam rangka mengajak warga untuk disiplin bermasker,’’ ujar Setiajit (Senin 23/7/2020).

Dia mengatakan, gerakan itu berupa membagikan masker pada seluruh rumah di Kabupaten Tuban. Sebanyak 350 ribu masker yang sudah dia siapkan diyakini bisa menjangkau seluruh warga di Tuban.

‘’Ini kampanye patuhi protokol kesehatan, jangan diartikan bantuan. Kalau bantuan tentu tidak cukup dalam satu rumah bisa ada lebih dari satu orang,’’ jelasnya.

Kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan inilah yang menjadi poin penting yang ingin dicapai. Dengan diberi masker, masyarakat diharapkan tergugah untuk selalu memakainya saat keluar rumah.

‘’Karena memakai masker bisa melindungi diri sendiri dan orang lain,’’ katanya.

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia menurut Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur ini masih meningkat.

Data per 12 Juli, jelas pejabat kelahiran Dukuh Tarakan, Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak ini jumlah kasusnya sudah 75.699 orang positif Covid-19.

Dari jumlah itu yang sembuh sebanyak 35.638 orang, sedang yang meninggal dunia 3.606 orang.

Kasus di Jawa Timur sebanyak 16.658 orang yang terkonfirmasi positif, sedangkan yang sembuh sebanyak 6.341 orang dan meninggal dunia 1.208 orang.

Sementara di Kabupaten Tuban sudah ada 131 orang yang terkonfirmasi positif. Dari jumlah itu sebanyak 52 orang yang sembuh setelah dirawat dan 11 orang meninggal dunia.

‘’Jadi, jangan tambah lagi pasien covid-19 itu dari kalian, keluarga kalian, sanak famili dan handai taulan kalian. Harus disiplin patuhi protokol kesehatan,’’ pinta pejabat yang akan maju dalam pilkada Tuban 9 Desember 2020 nanti nanti.(yon)

Link Banner