Pejabat Kementan Saksikan Lomba Nraktor Sawah, Ini Reaksinya

oleh -206 views
SERU : Lomba Nraktor Sawah yang DIhadiri Pejabat Kementan Berlangsung Seru

RENGEL – Bagaimana jika ada pejabat dari Kementrian Pertanian (Kementan) menyaksikn lomba nraktor sawah dan menanam padi ?  Kagum dan tertarik pastinya. Itulah yang dialami Sekretaris  Sekretariat Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Abdul Madjid saat datang ke sawah di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Pejabat itu disuguhi atraksi lomba nraktor dan tanam padi dengan mesin. Didampingi wakil bupati Tuban Noor Nahar Hussein, Abdul Madjid juga melihat langsung potensi pertanian di wilayah tersebut. Madjid juga sempat berdialog dengan petani setempat yang diwakili angora Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Tirtotinoto desa setempat.

Abdul Madjid mengatakan bahwa saatnya para petani sejahtera dan terus berinovasi.

‘’Dengan lomba ini akan membuat semangat para petani untuk meningkatkan kesejahteraannya. Petani adalah aset terpenting di negeri ini,’’ katanya.

Wabup Noor Nahar Hussein mengucapkan terimakasih atas perhatian lebih dari Dirjen PSP Kementrian Pertanian, terutama untuk bantuan alat mesin pertanian (alsintan) pada tiga tahun terakhir.

Menurut Wabup, ada empat kecamatan sejenis di Kabupaten Tuban yang berperan sebagai penyangga pertanian dengan luas 28.000 hektar. Dia berharap pengurus HIPPA Tirtotinoto dan seluruh anggotanya, ke depan bisa  mengolah hasil panen tidak hanya pada produksi gabah saja. ‘’Namun dapat mengolah gabah tersebut menjadi beras premium. Hal ini tentu akan membawa nilai lebih yang cukup tinggi dan pada akhirnya akan menambah kejehateraan,’’ katanya. Menanggapi itu, Ketua HIPPA Tirtotinoto, Kasadi mengatakan, akan menindaklanjuti. Dia berusaha merealisasikan harapan tersebut. Saat ini, HIPPA Tirtotinoto memiliki lahan 163 Hektar, 1.134 anggota dengan 4 Kelompok Tani.

‘’Aset kami berupa dana sebesar Rp 1,9 milyar dan berupa barang sebesar Rp 2,4 miliar,’’ katanya.(edy/rizqi)