Pelunasan Biaya Haji Lebih Mudah

oleh -98 views
SAMPAIKAN INOVASI : Tim dari Kemenag Pusat saat Diterima Kakankemenag Tuban

Wartawan: Nursalam

Tabloidnusa.com – Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun ini makin mudah. Sebab, Kementerian agama (Kemenag) melakukan inovasi baru dalam pelayanan haji. Salah satunya adalah pelunasan BPIH tak harus antre di loket, karena bisa lewat mesin anjungan tunai mandiri ATM) atau tanpa bayar langsung ke teller.

‘’Setoran BPIH nonteller ini diharapkan memberi manfaat bagi jamaah,’’ terang Kepala Subdit Advokasi Haji Kementerian Agama Muhammad Agus Syafik saat berkunjung ke kantor Kemenag Tuban Jumat (1/3/2019)

Tujuannya ke Tuban, kata dia, selain ingin bersilaturahmi dengan Kemenag Tuban, juga ingin menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Agar  ke depan dapat berjalan lebih baik.

‘’Kami juga ingin menerima semua keluhan dari daerah dan sharing untuk pelayanan yang lebih baik. Selama ini terkadang kebijakan yang dibuat oleh pusat tidak semuanya sampai ke daerah,” ungkapnya.

Pria kelahiran Tuban ini, menambahkan, inovasi baru dalam penyelenggaraan haji tersebut, selain kemudahan pelunasan BPIH, juga kebijakan zonasi kloter berbasis kecamatan atau kode pos.

Selain itu, kewajiban untuk biometrik dan vaksin sebelum proses visa serta petugas haji menggunakan sistem pelaporan berbasis android. Sedangkan pelunasan BPIH nonteller misalnya melalui ATM, internet banking, mobile banking dan sejenisnya sangat membantu jamaah.

‘’Jika jamaah mengalami kesulitan dalam proses pembayaran, misalkan terkendala waktu maupun jarak, dengan cara ini lebih mudah,’’ terangnya.

Lebih jauh Agus menyampaikan, bahwa sudah ada beberapa kabupaten di Indonesia yang punya perda sendiri terkait penyelenggaraan ibadah haji. Untuk itu, diharapkan Kabupaten Tuban segera menyusul.

‘’Sementara untuk biaya haji tahun ini masih dalam proses. Kemungkinan awal bulan Maret akan ditetapkan,’’ katanya.

Rombongan dari kemenag pusat itu diterima langsung Kepala Kankemenag, Drs. Sahid, MM, Kasi Haji dan Umrah, Umi Kulsum, S.Ag, M.Pd.I, perwakilan KBIH, Humas, Koordinator Kepegawaian dan Staf Haji.

Kepala Kemenag Kabupaten Tuban mengapresiasi kedatangan pejabat dari pusat itu. Karena bisa menerima aspirasi dalam pelaksanaan ibadah haji, agar lebih baik.

‘’Kegiatan ini juga sebagai bentuk silaturahmi antara Kemenag Pusat dengan Kemenag daerah. Semoga ke depan bisa melibatkan KUA, pemerintah daerah dan tokoh masyarakat,’’ harapnya.(lam/yon)