Pembaiatan Pagar Nusa, Ini Pesan Wabup Tuban

oleh -337 views
Pembaiatan Pagar Nusa, Ini Pesan Wabup Tuban
Pembaiatan Pagar Nusa, Ini Pesan Wabup Tuban
Tuban Kota-Sebanyak 470 anggota baru Pagar Nusa (PN) resmi dibaiat di Pendopo krido Manungal Tuban, Minggu (1/10/2017). Pembaiatan tersebut berlangsung meriah, sebab dihadiri ribuan tamu udangan dan para pendekar pagar nusa dari berbagai juru wilayah.
Disele-sela pembaitan Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein yang didampingi Kapolres Tuban, AKBP Sutrisno dan Ketua DPRD tuban, Mohammad Miyadi berpesan, agar para pendekar pagar nusa memiliki semangat juang yang tinggi. Sebagai bagian banom NU seyogyanya selalu menegakkan ahlusunnah waljamaah.
“Karena bagian dari NU maka kami minta Pagar Nusa ini selalu menegakkan dab mensyiarkab ajaran islam ahlusunnah walajamaah,” ungkap Wabup.
Ia menambahkan, sebagai salah satu banom NU, Pagar Nusa tidak hanya aktif dengan kegiatan dikomplek NU, tetapi juga harus berprestasi dibidang olahraga. Para atlet cetakan Pagar Nusa harus memberikan sumbangsih pada bumi wali. Oleh sebab itu, bagi peserta yang dibaiat diharapkan dapat meborehkan prestasi dibidang olahraga.
“Pagar Nusa bagian dari NU, semoga para pemuda NU ini dapat memberi sumbangsih pada bumi wali, khususnya di bumi wali Tuban,” harapnya.
Pembaiatan Pagar Nusa , Ini Pesan Wabup Tuban
Pembaiatan Pagar Nusa , Ini Pesan Wabup Tuban
Sementara itu, pembaiatan yang diikuti 470 anggota baru tersebut disaksikan Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein, Kapolres Tuban, AKBP Sutrisno, Ketua DPRD Tuban, Mohammad Miyadi dan para tamu undangan serta seluruh perwakilan dari pengurus Kecamatan di Bumi Wali Tuban.
Ketua Panitia, Ali Masrurin menyampaikan, jumlah peserta yang ikut tahun ini lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu peserta yang dibaiat sebanyak 350 orang. Peningkatan tersebut menunjukkan PN diminati oleh pemuda dan masyarakat bumi wali.
“Tahun ini lebih banyak dan animo masyarakat juga bagus pada Pagar Nusa,” terang Masrurin
Ia menjelaskan, pembaiatan ini dilakukan setelah para pemuda mengikuti latihan dan penggembelengan selama kurang lebih satu setegah hingga dua tahun. Setelah mengikuti penggemblengan, dilanjutkan mengikuti ujian kenaikan tingkat di masing masing Pimpinan Anak Cabang (PAC).
“Prosesnya lumayan panjang, jadi kalau kuat ya akan dibaiat. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(WN).