Pemilik Karaoke Tanpa Izin Dihukum Ringan, Begini Tanggapan Satpol PP

oleh -309 views
SIDANG : Terdakwa saat menjalani sidang di PN Tuban

*punya karaoke tanpa izin hanya didenda Rp 500 ribu

 TUBAN – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sapil PP) Hery Muharwanto sangat menyayangkan hukuman yang dinilai superringan yang diberikan hakim Pengadilan Negeri (PN) Tuban untuk pemilik karaoke tanpa izin. ‘’Hukumannya terlalu ringan, ini tidak menimbulkan efek jera,’’ ujar Hery Muharwanto, Kamis (23/11).

Dia mengatakan, Kamis siang digelar sidang terhadap terdakwa kasus karaoke tanpa izin (ilegal). Terdakwa itu adalah NM, pemilik tempat karaoke tanpa izin di Kecamatan Bancar. Hanya, dalam sidang itu, hakim memutus ringan, yakni NM hanya diharuskan membayar denda Rp 500 ribu, dan barang bukti dikembalikan. ‘’Terdakwa macak melas dan nangis saat sidang,  namun perbuatannya meresahkan,’’ tambahnya.

Hery menjelaskan, tempat karaoke milik NM digerebek Satpol PP beberapa waktu lalu. Sebab, tempat karaoke itu tidak memiliki izin. Karena menyalahi ketentuan, yakni melanggar perda nomor 16 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Keamanan tdan Ketertiban Umum, tempat karaoke itu disegel. Pemilik karaoke NM digelandang ke meja hijau. Namun, vonis yang dia terima sangat ringan.

Menurut Hery hal ini akan menjadi persoalan di lapangan. Sebab, bisa jadi pemilik tempat karaoke tanpa izin itu lebih berani. Bahkan, mungkin akan muncul tempat-tempat karaoke baru yang serupa. Karena kalaupun digerebek hanya akan dijatuhi denda ringan dan barang-barang yang sebelumnya disita untuk dijadikan barang bukti akan dikembalikan. Sementara keuntungan yang dapat sudah jutaan rupiah.(rizqi)