Pemkab Tuban Raih Penghargaan JDIH 2018

oleh -160 views
H Fathul Huda menerima penghargaan JDIH 2018

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Pemerintah Kabupaten Tuban meraih Penghargaan Tingkat Nasional, kali ini Jaringan Dokumentasi dan Informasi (JDIH) Kabupaten Tuban berhasil meraih Penghargaan JDIH Terbaik 2018 tingkat kabupaten dari Menteri Hukum dan HAM RI.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementrian Hukum dan Ham RI Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N. pada acara Pertemuan Integrasi Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi (JDIH) Tingkat Nasional Tahun 2018, Senin (10/12/18) bertempat di Swiss-bel Hotel Mangga Besar, Jalan Kartini No. 57 Jakarta Pusat.

Menurut Kepala BPHN, penghargaan ini diberikan dalam rangka pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) yang telah melakukan evaluasi dan penilaian pengelolaan oleh anggota JDIH untuk kurun waktu 2018. Adapun instrumen penilaian meliputi aspek organisasi, sumber daya manusia, koleksi dokumen-dokumen hukum, teknis pengelolaan, sarana prasarana, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu. keberadaan JDIHN dapat memudahkan akses terhadap dokumentasi dan informasi hukum. Sehingga, tercipta kepastian hukum, transparansi dan akuntabilitasi dalam mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Penghargaan ini menuju terwujudnya kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Benny Riyanto

Sementara itu, Bupati Tuban, H Fathul Huda mengungkapkan, syukur dan apresiasinya atas capaian yang telah diraih dibidang Hukum dan HAM ini. Diharapkan, JDIH Kabupaten Tuban dan Aplikasi Jariku Android semakin dapat dioptimalkan dalam memberikan pelayanan dokumentasi dan informasi produk hukum yang dimiliki Pemkab Tuban.

“Dengan adanya JDIH dan Jariku Android ini diharapkan dapat menjamin ketersediaan informasi tentang hukum, dan memudahkan akses pada produk hukum dengan cepat, tepat, dan lengkap,” tutur bupati yang juga mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Ia menambahkan, diraihnya kembali sebagai Kabupaten Peduli HAM, semakin dapat meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya pemenuhan Hak asasi manusia oleh semua pihak. Terutama bisa bermuara pada terciptanya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tuban.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Seluruh pihak yang telah mendukung dan mendampingi Kabupaten Tuban. Sehingga, mendapatkan semua Penghargaan ini, dan kepada seluruh masyarakat atas dukungannya kepada Pemkab Tuban untuk dapat berbuat dan bekerja lebih baik lagi,” bebernya.(Lam/Wn)