Pemuda Sucorejo Demo Pt Semen Indonesia Logistik

oleh -

 

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Puluhan pemuda Desa Sucorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pt Semen Logistik Indonesia (Silog), pada Selasa (3/7/2018).

Mereka melakukan aksi lantaran proses rekrutmen karyawan yang tidak transparan. Selain itu, adanya dua karyawan yang di PHK secara sepihak oleh Pt Silog.

Aksi ini diawali dari depan kantor Silog, kemudian para demonstran melakuan longmach menuju balai desa setempat untuk melakukan mediasi. Para demonstran yang berasal dari berbagai kalangan pemuda-pemudi itu mendapatkan pengawalan dari sejumlah aparat kepolisian dan TNI.

“Kami melakukan aksi ini meminta agar anak perusahaan Semen Gresik berlaku transparan. Terutama terkait rekrutmen tenaga kerja dan mempererjakan kembali dua warga socorejo yang di PHK,” jelas Koordintor Aksi, Ainurroffah (22).

Dia menjelaskan, demo ini terkait dengan adanyan proses rekrutmen karyawan. Sedangkan, setiap ada lowongan pekerjaan harusnya pihak perusahaan melakukan koordinasi dengan pemuda setempat. Alasannya, agar warga yang tinggal di area perusahaan dapat diprioritaskan menjadi karyawan. Selebihnya perusahaan boleh melakukan penerimaan pada penduduk lainnya yang berada di luar perusahaan.

“Karena dampak besar yang diterima akibat kegiatan perusahaan, tidak dirasakan oleh masyarakat luar. Melainkan mereka yang hidup disekitar perusahaan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam aksinya para pemuda mengeluarkan beberapa perenyataan sikap untuk Semen Indonesia Logistik ( SILOG). Pernyataan sikap itu di antaranya:

1. Rekrutmen tenaga kerja harus transparan.

2. Setiap info lowongan kerja harus diberitahukan melalui karang taruna.

3. 50% tenaga kerja baru wajib dari ring satu Desa Socorejo.

4. Mempertahankan 2 orang warga Socorejo untuk di pekerjakan kembali.

5. Pt SILOG harus melaksanakan normalisasi sungai di sekitar desa Socorejo akibat pencemaran yang di akibatkan dari atifitas perusahaan.

6. Oli dikembalikan dan diberikan kepada nelayan.

7. Pekerjaan yang ditangani Pt SILOG dipelabuhan Pt Semen Indonesia harus ada komitmen dengan Pemdes Socorejo.(Lam/Wn)