Pendekar Pagar Nusa Harus Tanggap Bencana

oleh -
IKUT BERPERAN : Pengurus Pagar Nussa Tuban menjalin Kerjasama denga BPBD

 JENU – Para pendekar dari perguruan pencak silat Pagar Nusa (PN) Cabang Tuban menyatakan siap tanggal bencana. Hal itu dibuktikan dengan kesepakatan yang dilakukan PN dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal itu dilakukan untuk mengajak para anggota PN agar mempunyai rasa kepedulian kepada masyarakat sekitar dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

“Dengan kesepakatan yang telah kita jalin ini, harapan kami dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana,” ujar Junaidi salah satu pengurus PN Cabang Tuban Minggu (3/12).

Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan di sela-sela rapat kerja (raker) PN Tuban di Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Dalam raker  juga digelar pelatihan penanggulangan bencana bagi para anggota PN, agar  tanggap bencana yang dapat terjadi setiap saat.

Selain menguasai ilmu beladiri dan spiritual, anggota PN juga dituntut peran aktif dalam kegiatan sosial khususnya penanggulangan bencana. Anggota PN juga harus tanggap dalam menghadapi bencana yang ada di wilayahnya.

“Kita merasa prihatin dengan sering terjadinya bencana di berbagai wilayah akhir-akhir ini. Sehingga kita berkomitmen untuk terus berupaya semaksimal mungkin membantu saudara-saudara kita yang mengalami musibah bencana,”  kata dia.

Dalam acara tersebut diikuti sekitar 500 perserta dari seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) PN yang ada di Kabupaten Tuban. Sebelum penandatanganan perjanjian, dilakukan upacara dan apel kesetiaan PN pada NKRI. Ketua DPRD M. Miyadi menjadi inspektur upacara dalam apel tersebut. Sekretaris DPC PKB Tuban itu meminta agar seluruh anggota dan pengurus PN terus berbuat kebaikan dan ikut menjaga NKRI. Kepala Pelaksana BPBD Tuban Joko Ludiyono hadir langsung dalam acara itu.(andi)

Link Banner