Penghulu Harus Berhati-Hati

oleh -183 views
HARUS LEBIH HATI-HATI : Para Penghulu dan Kepala KUA dalam Mucab APRI Tuban

TUBAN – Penghulu dan petugas pencatat himah harus berhati-hati dalam melakukan pencatatan nikah. Jangan sampai kejadian di Jember terulang. Pernikahan sejenis pria dan pria itu lolos karena salah satu prianya menyamar menjadi perempuan.

Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Jawa Timur Drs. Syamsu Thohari saat menghadiri musyawarah cabang (muscab) APRI Tuban, Rabu (25/10).

Kasus ditemukanya pernikahan sesama jenis di Kabupaten Jember antara Ayu Puji Astutik dan suaminya, Muhammad Fadholi sangat menggegerkan. Keduanya saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh aparat kepolisian setempat, karena diduga dengan sengaja mamalsukan dokumen pasangan calon pengantin (Catin).

“Kami meminta semua teman-teman penghulu di Jawa Timur lebih lebih selektif dan berhati-hati. Kasus di Jember mari kita jadikan pelajaran bersama,” kata Syamsu Thohari.

Alumni Universitas Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini juga menyatakan, bahwa pelaku kejahatan atau modus kejahatan saat ini semakin cangih. Karena itu, peningkatan sumberdaya manusia (SDM) dalam teknologi informasi perlu dimiliki oleh para petugas pencatat nikah atau penghulu.

“Dengan teknologi, pelayanan administrasi di KUA bisa dilaksanakan dengan cepat, tepat dan jeli. Kami berharap Tuban menjadi pelopor di Jawa Timur,” harapnya.

Kepala Kemenag Tuban Drs. Sahid, MM selaku pembina APRI Tuban meminta agar semua Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama APRI di Tuban bekerja sesuai tupoksi dan regulasinya yang di atur dalam PMA No 34 Tahun  2007 tentang pelayanan KUA.

“Selain itu harus membangun komunikasi dengan leading sektor dan instansi yang ada di daerah masing-masing,” pesannya.

Sementara, muscab II APRI Tuban diikuti oleh 42 orang yang terdiri dari Kepala KUA dan penghulu se Kababupaten Tuban. Acara digelar di Guest House Asmoroqondi Palang Tuban. Terpilih Nur Puat, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Singgahan sebagai Ketua APRI Cabang Tuban untuk periode 2017-2020.(rizqi)

 

Link Banner