Penyandang Disabilitas di Tuban Dapat Sosialisasi Pilgub

oleh -
Sosialisasi pilgub Jatim pada penyandang Disabilitas

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Puluhan penyandang disabilitas atau orang berkebutuhan khusus di Kabupaten Tuban menerima sosialisais pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban di Gedung Juang, pada Jum’at (1/6/2018).

Dalam sosialisasi tersebut KPU mengajak penyandang disabilitas, khususnya tuna rungu untuk mendapatkan hak politik dan berartisipasi dalam Pilgub yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang.

“Kami gelar sosialisasi ini guna mengoptimalkan partisipasi pemilih disabilitas, khususnya penyandang tuna rungu,” jelas Komisioner KPU Tuban Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi A kepada wartawan.

Ia membeberkan, pada sosialisasi itu KPU mendatangkan guru bantu asal Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Tuban. Guru bantu tersebut menjelaskan tentang teknis pemilihan, terutama memberikan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan Pilgub Jatim.

“Sosialisasi dengan tuna rungu ini khusus dan kita mendatangkan penerjemah agar mudah dipahami apa yang saya sampaikan,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, pada saat pelaksanaan pemilu nanti tidak ada tempat pemungutan suara (TPS) khusus buat mereka. Para penyandang disabilitas tetap menggunakan TPS reguler, namun semua anggota KPPS akan dibekali bagaimana memberikan pelayanan kepada mereka.

“Dan untuk penyandang tuna netra kita sediakan templet atau alat bantu untuk tuna netra di 2.006 TPS,” ungkap Yayuk.(Lam/Wn)