Peringati Hari Kartini, GMNI Tuban Baca Puisi dan Bagi-bagi Bunga

oleh -305 views
Anggota GMNI memperingati Hari Kartini dengan bagi-bagi bunga

Tuban-Banyak cara unik dilakukan masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati hari Kartini. Salah satunya dilakukan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tuban.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini mereka menggelar refleksi aksi damai dengan cara membaca puisi dan bagi-bagi bunga kepada pengguna jalan yang melintas di jalur Bundaran Tugu PKK Tuban, Sabtu (21/4/2018).

Mereka para sarinah (sebutan perempuan di GMNI) bergiliran berorasi dengan berpakaian kebaya sambil membaca puisi dan bagi-bagi bunga kepada pengedara yang melintas. Sontak membuat pengendara kagum karena mereka tampak anggun.

“Momentum tanggal 21 April  ini merupakan momentum penting untuk diperingati. Sebab, tanggal 21 April adalah hari lahir sosok seorang tokoh  pejuang perempuan. Yaitu lahirnya Ibu kita Kartini yang penuh dengan sejarah,” Jelas Koordinator Lapangan, Siti Nurun Nisail Muhibbah kepada Tabloidnusa.com.

Kata dia, melalui aksi ini anggota GMNI berharap, agar perempuan bisa meningkatkan kualitasnya. Terlebih, bisa berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia di era modernisasi, agar berdaya dalam berbagai hal serta memberikan kontribusi untuk masyarakat.

“Peringatan Hari Kartini ini sebagai wujud kepedulian kepada sosok kaum perempuan yang telah memperjuangkan hak pendidikan. Khususnya, bagi kaum perempuan agar terwujudnya pendidikan yang memerdekakan,” terangnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tuban, Saiful Anwar menyampaikan, aksi ini untuk mengingatkan kembali masyarakat terhadap perjuangan Kartini. Sebab, pahlawan perempuan asal Rembang tersebut telah memperjuangkan hak persamaan gander. Sedangkan, bagi-bagi bunga dipilih karena sebagai simbol perdamaian yang juga menjadi harapan semua orang.

“Bunga sebagai ungkapan suka cita pada pahalawan wanita di Indonesia seperti Kartini. Untuk itu, diharapkan para penggunna jalan yang mendapat bunga khususnya kaum perempuan  bisa meniru semangatnya,” harap Saiful begitu sapaan akrabnya.(Salam)