Peringati Hari Pers, RPS Tanam 1.000 Pohon.

oleh -10 views
PEDULI ALAM : Penanaman Pohon yang Dilakukan RPS sebagai Bukti Peduli Alam

Wartawan: Nur Salam

Tuban, Tabloidnusa.com. Memperingati Hari Pers Nasional ( HPN) tahun 2019, Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) kembali tanam pohon. Kali ini 1.000 pohon yang ditanam di sumber mata air Sendang Brubulan Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Selasa (5/3/2019).

Aksi penghijauan tersebut  untuk menyelamatkan sumber mata air Sendang Brubulan. Dalam kegiatan itu, tanaman yang ditanam mayoritas buah-buahan. Aksi tersebut melibatkan Wakil Bupati Tuban  Noor Nahar Hussein, beberapa stakeholder perusahaan, dan tamu undangan.

“Tanam pohon menjadi agenda wajib kami karena alam di Bumi Wali harus dihijaukan,” ujar Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda.

Adapun jenis pohon yang ditanam kali ini yaitu Jambu Kristal dan tanaman buah lainnya. Harapannya dampak jangka panjangnya, jambu bisa menjadi ikon dan daya tarik bagi wisatawan ke sendang yang kini dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Selama ini organisasi wartawan yang bermarkas di Balai Wartawan Jalan Pramuka No. 1 Tuban itu tak pernah mengabaikan kelestarian lingkungan.

Bersinergi dengan stakeholder meliputi beberapa perusahaan dan Mangrove Center Tuban (MCT) Jenu, RPS terus mendukung program pemerintah dengan menanam pohon.

“Karena kami sadar manusia hidup tak bisa lepas dari alam. Maka kita punya kewajiban menjaganya,” terangnya.

Ketua Pokdarwis Jadi, Suko Pamuji Gunawan, mendukung tujuan RPS menyelamatkan sumber mata air Brubulan. Sinergi ini diharapkan bisa menjadikan Desa Jadi tidak kekurangan air.

“Air harus kita jaga, kalau sampai habis kelak kita akan beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Sementara Kades Jadi Munir menambahkan, Brubulan merupakan awal destinasi wisata yang diplot desa. Tahun ini sudah dianggarakan di APBDes untuk jalan masuk.

“Pelan-pelan kita benahi Sendang Brubulan ini. Dengan harapan OPD dan stakeholder lainnya ikut membantu,” harap dia.

Sebelum tanam pohon, juga dilakukan penandatanganan kerjasama pemeliharaan tanaman yang melibatkan Ketua RPS, Wabup Tuban, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Mangrove Center Tuban, Kepala Desa Jadi, dan Ketua Pokdarwis setempat.

Tujuannya supaya tak sekedar menanam pohon, tapi juga ada tanggungjawab merawatnya.

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, menilai tujuan tanam pohon ini sangat luar biasa. Konservasi ini harus ada tindaklanjutnya, supaya niat menanam tidak sia-sia. Semua pihak harus telaten, serius, dan bahu-membahu.

“Termasuk Perhutani juga harus ikut serta melestarikan alam khususnya Sendang Brubulan,” tambahnya.

Akses utama di Brubulan juga harus diperhatikan. Bisa dialolasikan dari DD atau ADD. Pemdes perlu mengetahui, APBD Tuban sekarang sebanyak Rp 2,4 Triliun. Rp1,1 Triliun untuk gaji rutin dan lain sebagaunya. Terakhir untuk belamja modal sekira Rp 400-500 Miliar.

Di Kecamatan Semanding, kata Wabup, potensi wisata alamnya banyak. Jika bendungan Jadi sudah jadi, dipastikan menambah destinasi wisata, dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Di sela acara juga digelar santunan 150 anak yatim dari tiga desa sekitar Sendang Brubulan. Meliputi Desa Jadi dan Boto Kecamatan Semanding, dan Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak.(lam/yon).