Peringati Haul Edy Toyibi, Mapala di Tuban Suarakan Cegah Kerusakan Alam

oleh -
Teatrikal pecinta alam di Tuban suarakan kerusakan alam

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Dalam rangka memperingati wafatnya aktifis lingkungan almarhum Edy Toyibi yang ke-2, puluhan Mahasisiwa Pencita Alam (Mapala) Kabupaten Tuban menggelar aksi treatrikal di bundaran patung Letda Soecipto, pada Minggu (6/1/2019).

Sebelum menggelar aksi itu, mereka telah melaksanakan beberapa rangkaian acara haul ke 2 almarhum Edy Toyibi. Diantaranya, menggelar tahlil bersama yang digelar di Universitas Terbuka (UT) Tuban, pembubuhan 1.000 tanda tangan di car freday, treatrikal di bundaran Patung Letda Soecipto, dan dilanjutkan dengan penanaman pohon di 5 sumber mata air yang berada di Kabupaten Tuban.

“Almarhum merupakan sosok pejuang lingkungan, sekaligus pendiri Mapala yang ada di Tuban,” jelas Koordinator lapangan Luqman kepada Tabloidnusa.com.

Ia menambahkan, Edy Toyibi tidak suka dan tanpa kompromi terhadap kerusakan alam. Oleh sebab itu, mewakili generasi penerus beliau, pecinta alam mengadakan aksi nyata dengan bentuk treatrikal serta menanam di 5 titik sumber mata air.

“Kami sebagai generasi penerus beliau, kami akan melakukan aksi nyata dengan penanaman pohon di lima titik sumber mata air di Tuban,” terangnya.

Diketahui, acara peragaan treatrikal ini menggambarkan tentang Tuban banyak mata air yang kering. Bahkan, Tuban kekerurangan hutan karena sudah dieksploitasi. Sehingga, tanah meraka berebut tumbuh- tumbuhan  untuk menjaga keasrian.

“Jadi di Tuban bayak sumber mata air yang kering, sebelum lakuakan ini kita ada survay lapangan dengan pendataan sumber mata air,” tandasnya.(Lam/Wn)

Link Banner