Pertamina Bekali Siswa Ring 1 Ilmu Jurnalistik

oleh -
SEKOLAH JURNALISTIK : Tiara Kartikasari dari Pertamina (kanan) dalam pembukaan Sekolah Jurnalistik di Senori

SENORI – PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP) Asset 4 membekali siswa tingkat SMA dan sederajat di wilayah ring 1 perusahaan dengan ilmu jurnalistik. Dengan menggandeng Ronggolawe Press Solidarity (RPS), perusahaan minyak BUMN ini menggelar sekolah jurnalistik dasar yang dipusatkan di MA Islamiyah, Senori.

Sekolah jurnalistik digelar dua hari. Dengan beberapa materi seperti dasar jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, fotografi, videografi, dan teknik menulis berita.

‘’Peserta juga kita ajak untuk melakukan praktek agar lebih memahami bagaimana proses jurnalistik, sampai berita bisa dinikmati pembaca,’’ ujar Ketua Panitia Suwandi.

Sementara, Ketua RPS, Khoirul Huda menjelaskan beberapa fungsi pers. Salah satunya adalah fungsi edukasi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

‘’Di pelatihan ini kami juga ingin bisa berbagi agar siswa yang ikut lebih memahami ilmu jurnalistik,’’ katanya.

PT Pertamina EP Asset diwakuli Tiara Kartikasari. Dia memberikan gambaran mengenai prosss produksi minyak dan gas bumi. Kecamatan Senori memang salah satu wilayah operasi perusahaan tempatnya bekerja tersebut.

‘’Tugas Pertamina EP adalah mencari dan mengeluarkan minyak dan gas bumi dari tanah. Semua itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan BBM kita,’’ jelas perempuan asal Surabaya ini.

Sekolah jurnalistik, kata dia, selain bisa diambil manfaatnya, juga bisa menjadi ajang silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

Kepala Sekolah MA Islamiyah Ahmad Mustain, berharap kegiatan seperti ini bisa terus berkesinambungan. Dia berterimakasih atas dukungan Pertamina.

‘’Sekolah kami sudah punya bulletin, kami berharap para siswa bisa mengelola lebih baik lagi setelah mendapat tambahan ilmu ini,’’ harapnya. (rizqi)

Link Banner