Petugas Lapas Dites Urine Dadakan, Ini Hasilnya

oleh -328 views
TES DADAKAN : Pegawai Lapas Tuban saat Tes Urine

TUBAN – Para pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Tuban tidak bisa bermain-main dengan narkoba dan menjauhi barang haram tersebut jika tidak ingin menerima sanksi berat. Sebab, Kepala Lapas Kelas II B Tuban Danang Yudiawan senang membuat kejutan.

Salah satunya yang dilakukan  Kamis (12/10) pagi kemarin. Usai menggeledah sel-sel yang dihuni warga binaan pemasyarakatan (WBP), tiba-tiba seluruh petugas dikumpulkan dan dites urine.

‘’Semua saya kumpulkan di sini untuk saya cek urine saudara-saudara semua. Ini dadakan, hanya saya dan tim kesehatan yang tahu. Tolong ikuti prosesi yang ada, jangan takut kalau memang tidak ada narkoba,’’ ujar Danang di hadapan anak buahnya.

Para pegawai Lapas yang sebagian terdiri dari pejabat struktural ikut dites, termasuk Danang. Lapas Tuban mendatangkan tim kesehatan dari Lapas sendiri untuk mengetes para pegawai. Sebelumnya, para pagawai itu tidak diberi tahu jika bakal ada tes urine. Mereka diminta apel malam untuk memeriksa dan merazia sel-sela tahanan para WBP. ‘’Saya juga kaget saat diminta menyerahkan sampel urine,’’ujar Rio Nugroho, humas Lapas Tuban.

Hasil pemeriksaan urine  pegawai Lapas negatif semua. Artinya tidak ada pegawai Lapas yang mengonsumsi narkoba. Danang, menegaskan, jika ada yang mengonsumsi narkoba akan menerima ganjaran yang berat. ‘’Alhamdulillah hasilnya negatif semua. Saya sampaikan terima kasih dan saya tegaskan sekali lagi jangan main-main dengan narkoba,’’ tegasnya.

PERIKSA : Barang-Barang Pribadi Warga Binaan Juga Diperiksa

Sebelumnya, petugas Lapas Tuban yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas itu menggelar razia di blok kamar hunian WBP. Sasarannya, adalah narkoba, senjata tajam, handphone, uang tunai dan barang-barang lain yang dianggap bisa mengganggu keamanan dan ketertiban lapas. ‘’Tujuannya Lapas Tuban harus zero narkoba, tidak boleh ada petugas Lapas yang pakai narkoba, apalagi Warga Binaan harus zero semua,’’ tambah Danang.

Dalam razia yang berlangsung lebih dari dua jam itu, tidak ditemukan barang-barang yang dapat menimbulkan gangguan seperti handphone, senjata tajam dan lainnya. ‘’ Tidak ada hape dan narkoba di dalam Lapas, memang itu komitmen kami. Lapas Tuban aman dan sehat,’’ ungkap Rio. (rizqi)

 

Link Banner