Pimpinan Mahkamah Agung RI dan Hakim Se-Indonesia Bakal ke Tuban, Ada Apa?

oleh -
Kantor Pengadilan Negeri Tuban di Jalan Veteran

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Unsur Pimpinan Mahkamah Agung Repiblik Indonesia (RI) bakal berkunjung ke Pengadilan Negeri (PN) Tuban di Jalan Veteran nomor 8 pada 17 Januari 2019 besok. Unsur pimpinan yang direncanakan hadir, yakni Direktur Badan Peradilan Umum, Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung RI dan jajaran hakim di MA serta diseluruh Indonesia.

“Bahkan, hakim seluruh Indonesia diperkirakan banyak yang hadir. Kalau hakim diseluruh Jawa Timur malah hadir semua,” ujar Humas Pengadilan Negeri Tuban, Donovan Akbar Kusumo kepada tabloidnusa.com, pada Selasa (8/1/2019).

Ia menambahkan, kedatangan unsur pimpinan dan para hakim ke bumi wali lantaran ingin meninjau secara langsung kondisi PN Tuban. Ditambah lagi setelah PN Tuban dinobatkan sebagai juara 2 penyelesaian kasus atau perkara. Sehigga, dalam momen tersebut menjadikan PN Tuban sebagai percontohan sekaligus pembinaan untuk para hakim.

“PN Tuban mendapatkan juara 2 penyelesaian perkara, pencapaiannya sekitar 97 persen. Rinciannya, ada 1.600 perkara, terselesaikan 1.570 perkara dan sisanya 30 perkara,” jelasnya.

Donovan sapaan akrabnya menyampaikan, perkara yang paling banyak masuk ke PN selama 2018, mulai perkara perdata permohonan ganti nama di Akta Kelahiran maupun KK sebanyak 932, kasus pidana sekitar 500-an dan sidang gugatan sederhana maupun umum sekitar 80-an.

“Saat kunjungan nanti kita juga ada acara khitan massal yang bekerja sama dengan RSUD, Dinas Ksehetan dan BPJS,” pungkasnya.(Lam/Wn)