Pembobol Kios Ditangkap, Ini Hukumannya

oleh -
Pelaku diamankan petugas

Tuban-Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tuban berhasil meringkus pelaku pembobol kios milik Rianto warga Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban yang berada di Pasar Baru Tuban.

Pelaku diketahui bernama Yono alias Plutut (46), warga Kelurahan Mondokan Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Ia ditangkap pada 21 Pebruari 2018 sekitar pukul 16.00 Wib.

Kassubag Humas Polres Tuban, IPTU Agus Edi Pranoto kepada wartawan, Kamis (22/2/2010) menjelaskan, peristiwa pencurian tersebut diketahui pada Rabu 7 Pebruari 2018. Pada saat itu pemilik melakukan pengecekan proyek dan kiosnya di area Pasar Baru Tuban. Namun, tiba-tiba barang yang ada di dalam kios telah hilang.

“Kebetulan korban merupakan pengelola proyek di sekitar pasar. Saat mengecek kiosnya mendapati pintu rolling door terbuka. Kemudian, besi ulir untuk cor yang ada di dalam kiosnya sudah hilang. Dari situ kemudian korban melapor pada petugas,” terangnya.

Agus menambahkan, sebelum melapor korban berusaha mencari tahu dengan menanyakan kepada penjaga di area Pasar Baru Tuban. Akan tetapi, tidak ada yang mengetahui kejadian tersebut dan kemudian malapor pada petugas. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian materiil sekitar sebesar Rp 25.000.000. Sementara itu, ketika pelaku ditangkap polisi berhasil mengamankan Barang bukti (BB) satu buah gergaji besi dan satu unit sepedah motor Kharisma 125 bernomor polisi S-3285-HH.

“Atas perbuatan pelaku kami jerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4e KUHP pencurian dengan pemberatan,” jelas Agus.(Salam)