Polisi Bekuk Pengedar Uang Palsu

oleh -
Pelaku saat dikeler di Mapolres Tuban

Tuban-Satuan Reserse Kriminal Polres (Satreskrim) Polres Tuban berhasil meringkus pengedar uang palsu (upal)  pecahan 50 ribu rupiah di Dusun Pakuwon, Desa Pakuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Tersangka bernama Shodikin (23) warga Desa Pakuwon diamankan Satreskrim Polres Tuban karena mengedarkan uang palsu pecahan 50 ribu rupiah.

Kapolres Tuban, AKBP Sutrisno HR saat release di Mapolres Tuban, Kamis (23/2) menjelaskan, kejadian itu bermula dari informasi masyarakat bahwa di wilayah Kecamatan Rengel beredar uang palsu pecahan Rp 50 ribu. Setelah mendapat laporan tersebut anggota Satreskrim Polres Tuban langsung melakukan proses penyelidikan dengan target operasi (TO) yang telah ditentukan.

“Ada laporan, langsung kami target,” terangnya.

Kata dia, menurut pengakuan pelaku uang palsu tersebut didapatkan dari hasil penjualan sepedah motor miliknya kepada seseorang yang berasal dari Surabaya. Hasil penjualan itu pelaku mendapat uang Rp 5.700.000. Kemudian, uang hasil penjulan sepeda motor tersebut di gunakan untuk membeli sepeda motor baru.

“Pelaku mendapatkan uang palsu tersebut dari hasil penjualan sepada motor, sebanyak 114 lembar pecahan Rp 50 ribu  dan kemudian digunakan untuk kebutuahn yang lain,” pungkasnya.

Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 29 lembar uang palsu atau sejumlah Rp 1.450.000 rupiah dengan uang  pecahan Rp 50 ribu.

“Atas perbuatan itu pelaku kami ancam pasal 245 KUHP tentang peredaran uang palsu. Dengan acaman hukuman pidana paling lama 15 tahun penjara,” tegasnya.(Salam)

Link Banner