Positif Covid-19 Jadi 11 Orang

oleh -97 views
TAMBAH : Kasus Positif Covid-19 Tambah Jadi 11 Orang

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Jumlah warga yang positif terinfeksi virus korona (Covid-19) bertambah. Dua orang menyusul dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil tes swabnya keluar.

Dengan bertambah dua orang, jumlah warga Tuban yang positif terinfeksi virus yang pertama muncul di Wuhan, China itu menjadi 11 orang.

Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati  membenarkan adanya dua kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Tuban tersebut.

“Berdasarkan dari hasil tes swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan, ada penambahan dua kasus confirm positif covid-19 baru di Kabupaten Tuban,” ujar Endah.

Dia mengatakan, dua kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berasal dari Kecamatan Montong dan Tambakboyo. Yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kecamatan Montong adalah seorang perempuan 26 tahun. Sebelumnya dia berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya pasca melahirkan.

“Setelah melewati perawatan dan diperbolehkan pulang, statusnya menjadi PDP sembuh. Tetapi dari hasil swab yang keluar, ternyata terkonfirmasi positif,’’ terangnya.

Saat ini, lanjut perempuan yang juga sekretaris Dinas Kesehatan (dinkes) Tuban tersebut, pasien itu dirawat dan diisolasi di RS Medika Mulia Tuban sampai benar-benar dinyatakan negatif covid-19.

Untuk kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kecamatan Tambakboyo juga seorang perempuan. Usianya 29 tahun. Berdasarkan dari hasil pelacakan, diduga yang bersangkutan berasal dari keluarga yang saat dilaksanakan rapid tes hasilnya reaktif positif.

“Yang bersangkutan juga akan dirawat dan diisolasi di RS Medika Mulia Tuban,” katanya.

Endah juga mengajak, semua lapisan masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan serta tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang penting.

Namun jika harus berkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing dan disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per tanggal 10 Mei hingga pukul 18.00 WIB, jumlah kumulatif  ODP sebanyak 595 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 469 orang selesai pemantauan dan 126 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 35 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, tujuh orang meninggal dunia. Dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 15 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 11 orang, terdiri dari satu  orang sembuh, dua orang meninggal dunia, dan delapan orang dalam perawatan.(yon)

Link Banner