Miras – Produsen Arak di Tuban Digrebek, Selama 2 Hari Diintai Petugas 2

oleh -
Miras
Petugas mengamankan barang bukti

Miras

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Tim Saber Miras Polsek Semanding, Polres Tuban berhasil menggrebek industri miras jenis arak jawa yang berada di Dusun Jarum Rt 01 Rw 18, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Minggu (7/10/2018). Dalam penggrebekan itu petugas mengamankan pelaku produsen arak milik Sukoyo (60) warga setempat.

Menurut Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo, penggrebekan tersebut dilakukan berdasarkan temuan tim Siber Miras Polsek Semanding. Kemudian, dilakukan pengintaian selama dua hari di sekitar rumah pelaku. Sedangkan, rumah Sukoyo sendiri pernah disewa Ali Rohmat (bos arak) yang sekarang masih menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri Tuban dengan kasus serupa.

“Pelaku awalnya melihat proses pembuatan arak yang dilakukan Ali Rohmat, kemudian tersangkan mencoba membuat dan diedarkan sendiri,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelaku mengaku meracik dan membuat sendiri barang haram tersebut dengan membeli dua dandang seharga Rp 6 juta. Lalu membeli dua kompor besar seharga Rp 1,5 juta dan bahan lainya hingga total Rp 9 juta. Setelah membeli peralatan pelaku membuat arak jawa siap edar yang sudah dipesan orang Jawa Tengah seharga Rp 500 ribu perkadus dengan isi 12 botol.

“Tengkulak dari Jateng tersebut memesan lewat Jatirogo, namun belum sampai tujuan, pelaku sudah kami bekuk di rumahnya,” paparnya.

Desis menyampaikan, dari penggrebekan tersebut polisi mengamankan barang bukti berupa 384 liter arak siap edar, tiga drum baceman (600 liter), baceman  3 drum (600) liter, dua buah dandang besar, 10 Gas LPG ukuran 3 kilogram dan 2 buah kompor gas serta barang bukti lainya. Pelaku dijerat dengan Pasal 135 jo Pasal 71(2) dan pasal 140 jo pasal 86 (2) UU nomor 18 tahun 2012 tentang PANGAN atau Pasal 204 Ayat (1) KUH Pidana, acaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

“Barang bukti sudah kami amankan dan pelaku sudah kita tahan dan diserahkan ke Polres Tuban untuk penyelidikan lebih lanjut,” jelasnya.(Lam/Wn)

 

Miras

Link Banner