Puluhan Pelajar di Tuban dan Bojonegoro Ikut Olimpiade Bio Compact di Unirow

oleh -
Foto bersama panitia dan peserta olimpiade

Wartawan: Afif

Tuban,Tabloidnusa.com-Sebanyak 57 pelajar dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro bersaing merebutkan 2 buah tiket semifinal dalam ajang Olimpiade Bio Compact yang di selenggarakan di Kampus Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, tepatnya di Gedung N kampus UNIROW Tuban, pada Minggu (21/10/2018).

Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama antara Prodi Pendidikan biologi Universitas Surabaya yang bekerjasama dengan Progam study Biologi FMIPA Unirow Tuban tersebut diikuti sebanyak 57 peserta dari subrayon Tuban, yang berasal dari kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Penanggung jawab Olimpiade Bio Compact Subrayon Tuban, Iin Dewi Suryani menjelaskan, dalam kegiatan Olimpiade kali ini telah mengangkat tema “Explore Your Ability in Biology and Get Your Glory Within Infinity”. Tujuannya, untuk mengangkat nilai-nilai sportifitas dan sebagai langkah untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Harapannya ya sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan yang terkandung didalam sila-sila Pancasila,” paparnya.

Kata dia, dalam penyelenggaraan Olimpiade ini ada 3 tahapan seleksi. Pertama babak penyisihan yang di laksanakan pada (21/10) di kampus Unirow Tuban. Kemudian, akan diambil 2 peserta terbaik dari masing-masing subrayon yang akan bersaing di babak semifinal untuk merebutkan tiket menuju babak final yang akan di selenggarakan pada (3-4/10) di kampus Universitas Surabaya.

“Kegiatan ini dilaksanakan 3 tahap, babak penyisihan diadakan di kampus Unirow Tuban. Sedangakan babak semifinal dan final akan diselenggarakan di kampus Universitas Surabaya,” jelasnya.

Olimpiade Bio Compact ini diikuti seluruh peserta yang berasal dari Indonesia yang dibagi kedalam 3 rayon dan 20 subrayon, dengan rincian sebagai berikut : Rayon 1 yaitu : Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah dan DIY. Rayon 2 Jawa Timur dan Rayon 3 Provinsi Bali dan Kalimantan. Sedangkan untuk subrayon Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang, Surabaya, Pamekasan, Lamongan, Jember, Kediri, Ponorogo, Mojokerto, Bangkalan, Malang, Jombang, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Sumenep, Bali dan Samarinda.

Sementara itu, Ketua HMJ Biologi, Arwa Ainur Rohmah memaparkan, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik berkat kerjasama antara pihak HMJ Pendidikan Biologi Universitaa Surabaya denga HMJ Biologi FMIPA Unirow Tuban. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjalin kerjasama dengan pihak kampus yang lainnya. Serta membangun generasi siswa siswi berjiwa millenial tinggi terhadap sains teknologi. Sehingga, pastinya akan menambah manfaat ilmu dibidang sains Biologi yang kemudian bisa diterapkan didalam kehidupannya.

“Semoga siswa-siswi memiliki jiwa milenial tinggi terhadap bidang keilmuan sains teknologi dan pastinya menambah manfaat ilmi dibidang sains biologi,” harapnya.(Aff/Wn)

Link Banner