Punya 1.833 SRA, Tuban Diganjar Penghargaan

oleh -
PRESTASI : Kabupaten Tuban Menyabet Penghargaan sebagai Kabupaten dengan Jumlah Sekolah Ramah Anak Terbanyak se Indonesia

Wartawan : Eka Febriyani 

Tabloidnusa.com – Pemkab Tuban tahun 2019 ini mempunyai 1.833 sekolah remah anak (SRA). Seluruh lembaga pendidikan mulai jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) sebanyak 1.161 lembaga, sekolah dasar (SD) 580 lembaga dan jenjang SMA 92 lembaga semua sudah SRA.

Jumlah itu terbanyak se Indonesia, sehingga Tuban menerima penghargaan atas prestasi itu. Jumlah SRA itu menunjukkan keseriusan Pemkab Tuban dalam mendukung terwujudnya SRA dan mempercepat terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA).

Upaya itu diapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) berupa penghargaan sebagai pemkab dengan jumlah SRA terbanyak tahun 2019.

Penghargaan diserahkan Menteri PPPA, Gusti Ayu Bintang Darmawanti, kepada Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Menteri PPPA menerangkan betapa pentingnya kehadiran SRA. Karena setiap hari anak-anak  menjalani waktu yang cukup banyak di lingkungan sekolah.

“Hampir sepertiga waktu anak-anak itu ada di sekolah. Itulah kenapa penting hadirnya sekolah ramah anak ini,” ujarnya.

Bintang Puspayoga sapaan akrab Menteri PPPA ini juga mengemukakan bahwa saat ini masih banyak praktik kekerasan terhadap anak. Serta berbagai hal yang harus dilindungi terkait kebutuhan anak-anak ketika berada di sekolah.

Untuk itu, kehadiran SRA sebagai bagian komitmen untuk memastikan bahwa anak-anak bisa merasa bebas, terlindungi, dan terpenuhi hak-haknya.

“Di sekolah, anak-anak harus bisa merasa nyaman, kebersihan terjaga, harus indah, asri dan inklusif,’’ tambahnya.

Oleh karena itu Kementerian PPPA memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang serius dalam mewujudkan SRA dalam mendukung terwujudnya kabupaten/kota layak anak. “Kita berharap capaian SRA ini dapat diwujudkan diseluruh kabupaten/kota di Indonesia, sesuai target kita Indonesia menuju negara ramah anak pada 2030 nanti,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Nur Khamid yang mendampingi wabup mengatakan, tahun 2019 seluruh sekolah di Kabupaten Tuban sudah ramah anak. SRA, dari jenjang pendidikan anak usia dini (KB dan TK) sebanyak 1.161 sekolah.

Jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 580 sekolah dan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 92 Sekolah.

“Oleh karena itu, Kabupaten Tuban memiliki jumlah SRaterbanyak tahun 2019 ini,” jelasnya.

Nur Khamid menambahkan,  bahwa untuk mewujudkan SRA di Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan bersama seluruh lembaga, guru, Komite Sekolah dan siswa bersama-sama melakukan upaya optimal seperti dengan deklarasi SRA, workshop penguatan SRA, peninjauan langsung dan impelemntasi SRA di seluruh sekolah di Kabupaten Tuban.

Sekadar diketahui, Kabupaten Tuban juga telah memperoleh penghargaan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama pada Juli lalu. Selain itu, beberapa sekolah juga mendapatkan predikat SRA terbaik tingkat nasional.

Di antaranya tingkat prasekolah yakni TK Islam Plus Insan Kamil Tuban, tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah MTs Negeri 1 Tuban dan tingkat SMA adalah SMA Negeri 2 Tuban.(yon)

 

 

Link Banner