Rapat Paripurna Bersama Eksekutif, DPRD Tuban Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati Anggaran 2018

oleh -21 views
Rapat paripurna DPRD Tuban bersama Pemda

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban menggelar rapat paripurna bersama pemerintah daerah dengan agenda penyampaian rekomendasi tentang LKPJ Bupati tahun anggaran 2018 di gedung paripurna DPRD setempat, pada Senin (25/2).

Dalam rekomendasi yang telah disampaikan DPRD dan didengar seluruh masyarakat Tuban sepatutnya dilaksanakan serta dipatuhi oleh Pemerintah Daerah. Pasalnya, demi membenahi Kabupten Tuban kedepan lebih baik, sehingga visi dan misi dapat tercapai.

“Semoga dengan rekomendasi tersebut dapat dilakukan oleh pemda, sehingga visi dan misi dapat tercapai,” ujar Ketua DPRD Tuban, H Muhammad Miyadi.

Ia menambahkan, dalam LKPJ itu sebaiknya laporan dari tahun ke tahun menjadi lebih baik dan hal-hal yang pokok bisa diperhatikan. Selain itu, perlu ada pengembangan dan pembahruan, sehingga menghasilkan pembangunan yang lebih bermartabat, bersih dan menyejahterakan masyarakat.

“Semoga masyarakat bumi wali kedepan menjadi sejahtera, bermartabat dan religius,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein setelah rapat paripurna mengungkapkan, akan menindak lanjuti terkait catatan dari DPRD, dengan mengevaluasi kinerja disetiap OPD. Karena masing-masing OPD memiliki kinerja yang berbeda dan barometer sendiri.

“Setelah menerima rekomendasi dan catatan dari DPRD, kami akan mengevaluasi kinerja disetiap OPD,” jelasnya.

Selain itu, Wabub memaparkan, beberapa kinerja OPD dari capain penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Dalam penilaian SAKIP Pemkab Tuban masuk dalam kategori B. Berarti dalam pelaksanaan tugas sudah ada singkronisasi antara visi misinya dari seluruh program yang ada di setiap OPD, bhkan itu sampai tingkat bidang. Sedangkan, saat ini untuk menuju capaian tersebut tergantung dari anggarannyan cukup atau tidak atau anggarannya tercukupi oleh APBD atau tidak.

“Untuk mencapai capian tersebut tergantung dari anggarannyan,” imbuhnya.

Wabup menyadari masih ada pelayanan OPD yang belum maksimal, terutama terkait pelayanan publik. Memang pelayanan publik harus diperbaiki secara terus menerus agar masyarakat bisa terlayani dengan baik, tepat waktu, tepat sasaran, efusensi dan efektif.(Lam/Wn)