Ratusan Warga Ring 1 Semen Gresik Demo

oleh -445 views
masyarakat demo Pt Semen Gresik di Tuban

Tuban-Ratusan warga ring 1 Pt Semen Gresik yang tergabung dalam Jaringan Aspirasi Masyarakat (Jaringmas) dari 12 desa sekitar perusahaan menggelar aksi demo di depan Kantor Utama Pabrik di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (7/2).

Dalam aksinya, ratusan massa meminta berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat segera diselesaikan. Selain itu, mereka menuding Pt SG tidak memperhatikan masyarakat terdampak pabrik semen tersebut.

“Kasus sengketa tanah warga desa Gaji ini telah berlangsung sejak tahun 2002 silam. Kami juga telah memiliki bukti kuat terkait kepemilikan tanah itu, kita tidak pernah menjual tanah itu,” ujar Abu Nasir.

Selain itu, warga juga meminta untuk peogram Corporate Social Responsibility (CSR) dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Karena selama ini program CSR dari perusahaan hanya dinikmati sebagian kalangan.

“Program CSR hanya dinikmati oleh kalangan tertentu, sehingga warga sekitar semen masih banyak berada didalam garis kemiskinan,” tambahnya.

Sayangnya, aksi ratusan warga tersebut tidak mendapat tanggapan serius dari pihak perusahaan. Keinginan demonstran untuk bertemu dengan pimpinan direksi harus diurungkan, karena para pimpinan tersebut tidak berada ditempat.

“Kita bukan tidak mau menemui mereka, jajaran direksi yang diminta demonstran ada di Rembang untuk persiapan kondisi disana. Kita akan memfasilitasi pertemuan kedepannya dengan langkah yang lebih santai,” ucap Humas SG, Kuswandi.

Aksi yang awalnya berlangsung damai dan tertib sempat diwarnai dengan perselisihan antara demonstran dan petugas keamanan. Dimana salah satu demonstran bersitegang dengan aparat. Beruntung keributan berhasil diredam sehingga tidak menimbulkan kerusuhan yang lebih besar. Mereka juga mengancam akan datang kembali dengan mengerahkan massa yang lebih besar.(Salam)