Razia Kos, Satpol PP Tuban Ciduk 8 Pasangan Tanpa Status Pernikahan

oleh -
Muda-mudi tanpa surat nikah diamankan Satpol PP Tuban

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tuban mengamankan 8 pasangan tanpa status pernikahan saat melakukan razia kos di wilayannya, pada Rabu (28/11/2018)

Kabid Penegakkan Perundang-undangan Daerah, Satpol PP Tuban, Wadiono kepada awak media mengatakan, mereka diciduk ke kantor Satpol PP lantaran tidak dapat menunjukkan surat nikah. Ketika dirazia 8 pasangan muda-mudi itu sedang tidur di atas kasur dan pintu kamar tertutup. Sebanyak 17 orang diamankan, karena dalam satu kamar ada yang berisi 3 orang.

“Kareka tidak menunjukkan surat nikah, makanya mereka kita bawa ke kantor ini untuk dilakukan pembinaan,” ujarnya.

Lanjut dia menerangkan, pasangan bukan suami isteri tersebut kini diberi pembinaan dan dibuatkan surat pernyataan yang mengetahui kades atau lurah dan Camat. Sementara jika diketahui pernah diamankan sebelumnya, maka akan disidangkan. Bagi pemilik kos akan diperiksa dan dipanggil agar tidak memasukan orang sembarangan.

“Bagi yang ngekos maupun pemiliknya bisa dikenai pelanggaran Perda nomor 16 Tahun 2014 tentang ketertiban umum. Ancamannya 3 bulan penjara dan denda maksimal Rp 50 juta,” tegas Wadiono.

Satpol PP mengimbau, pemilik kos harus selektif menerima orang hendak menyewa kamar. Bila perlu perketat dan tidak boleh membawa tamu yang bukan pasangan suami isteri di dalam kamar. Bila pemilik kos membiarkan itu maka akan dijatuhi sangsi dan turut dipersidangkan.

“Bagi pemilik kos yang membandel, maka akan kami tindak sesuai Perbup nomor 76 tahun 2016,” terangnya.(Lam/Wn)