Relawan Demokrasi di Tuban Terima Bimtek

oleh -
Kegiatan Bimtek untuk relawan demokrasi

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Relawan Demokrasi di Kabupaten menerima materi Bimbingan Teknis (Bimtek) selama dua hari dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di Gedung KSPK, mulai Jum’at hingga Sabtu (25-26/1/2019).

Komisioner KPU Tuban, Divisi Teknis dan Penyelenggara, Salamun mengatakan, bimtek ini digelar guna memenuhi target 80 persen dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu 17 April 2019 besok ini. Guna memenuhi target tersebut, KPU Tuban terus memaksimalkan peran relawan demokrasi yang baru saja terbentuk.

“Bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada para relawan terkait kepemiluan. Tugas mereka untuk membantu KPU,” terang Salamun.

Ia menyampaikan, dalam kinerjanya relawan ini disusun dan dikelompokkan berdasarkan komunitas yang mereka geluti. Seperti kelompok perempuan, kelompok milenial, kelompok disabilitas, ataupun komunitas motor, dan semacamnya.

“Ada sebanyak 55 relawan yang akan dibagi sesuai komunitas yang diikutinya. Tiap kelompok akan bergerak didalam komunitasnya masing-masing. Diharapkan, mereka mampu menyasar masyarakat hingga menyeluruh sampai ke tingkat desa,” imbuhnya.

Salamun menambahkan, selain memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keikutsertaan dalam pemilu. Adanya relawan tersebut juga diharapkan mampu mendongkrak partisipasi masyarakat.

“Semoga adanya relawan demokrasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 ini,” harapnya.

Sementara itu, Iksan Hadi salah satu Relawan Demokrasi mengaku, siap membantu KPU dalam menyukseskan pemilu 2019 ini. Terlebih, dalam sosialisasi kepada masyarakat agar berpartisipasi mengikuti acara setiap 5 tahun sekali ini semakin meningkat.

“Semoga kehadiran kami bisa membantu KPU,” pungkasnya.(Lam/Wn)

Link Banner