RPS Gelar Jalan Sehat dan Sosialisasi  Virus Korona di Puncak HPN

oleh -8 views
PUNCAK HARI PERS : Senam Bersama dalam Rangka Puncak Hari Pers Nasional

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Penyebaran virus Korona membuat masyarakat resah. Belum lagi ditambah dengan maraknya berita hoaks atas penyebaran virus yang bermula muncul di Wuhan, Cina itu.

Di Tuban sempat beredar kabar di RSUD dr R.Koesma Tuban merawat satu warga Tuban yang positif Korona.

Fenomena itu membuat para wartawan ikut berperan memerangi berita tak benar. Salah satunya dengan pemberitaan yang berimbang dan dari sumber yang jelas. Sebagai juru warga, wartawan punya kewajiban moral untuk meluruskan berita yang simpang siur tersebut.

Bekerja sama dengan Polres, Dinas Kesehatan dan RSUD dr.R.Koesma di puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020  Ronggolawe Press Solidarity (RPS) menggelar tiga kegiatan sekaligus.

Di awali dengan senam cuci tangan untuk mencegah virus Korona, sekaligus sosialisasi virus, serta jalan sehat dan tanam pohon, Minggu (8/3/2020).

‘’Jangan dengarkan kabar yang tak jelas. Di Tuban dari enam warga yang suspect dan kita pantau, semuanya negative. Jadi Tuban aman dari Korona,’’ ujar perwakilan dari dinas kesehatan, di hadapan ribuan warga yang mengikuti acara. Puncak kegiatan di kompleks GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban.

Acara dihadiri Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, Ketua DPRD Tuban Miyadi, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, perwakilan Kodim 0811, perwakilan kejari dan  Pengadilan Negeri.

Juga dari perusahaan dan lembaga mitra RPS seperti Mangrove Center Tuban, Semen Indonesia, Solusi Bangun Indonesia, EMCL, Pertamina Persero, Pertamina EP, DPR RI, GRR Project Tuban, NA Center, dan Timbul Jaya.

TANAM POHON : Sebagai Wujud Bhakti pada Lingkungan Dilakukan Tanam Pohon

Dalam sambutannya, Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda mengatakan penanaman terus dilakukan karena wartawan ingin bersahabat dengan alam. Harapan ke depan supaya alam tetap hijau.

“Panitia mengucapkan beribu terimakasih kepada perusahaan dan donatur kegiatan. Untuk bibit tanaman didukung Mangrove Center Tuban,” terang Huda.

Tak kalah menariknya acara jalan sehat. Panitia menyiapkan 10.000 kupon. Wabup bersama Forkopimda yang memberangkatkan ribuan peserta.

Untuk rute yang dilewati, dari GOR Jalan Teuku Umar – Dr. Wahidin Sudirohusodo – Pramuka – Sunan Kalijaga dan finish kembali di GOR. Untuk bisa mengikuti undian dengan hadian utama dua sepeda motor, peserta harus mendapat stempel panitia di Balai Wartawan.

“Kenapa stempel tidak di awal, supaya para peserta mau berkeringat dengan berjalan bersama,” terang Huda.

Setiap HPN, RPS juga berbagi dengan cara menyantuni anak yatim. Panitia berkomunikasi dengan jaringannya, dan mengumpulkan 200 anak yatim yang berdomisili di sekitar lokasi acara.

Wakil Bupati, Noor Nahar Hussein mengapresiasi kegiatan yang digelar RPS ini. Dia mendorong awak media terus bersinergi dengan pemkab, perusahaan maupun stakholder lainnya.

“Saya terkesima dengan tulisan di kaos kegiatan, ketika jurnalis bekerja ada dua tanggungjawab  kepada public dan Tuhannya. Dalam sekali maknanya,” sambung wabup.

Usai sambutan, Wabup langsung mengundi pertama ribuan kupon jalan sehat. Pemegang kupon yang beruntung mendapat hadiah utama satu sepeda motor adalah M. Nurrofiq asal Bangilan dengan kupon nomor 3536.

Perlu diketahui, sebelumnya RPS juga telah menggelar pemeriksaan kesehatan bagi seua wartawan di Bumi Wali. Acara tersebut difasilitasi RSUD Koesma dan Pemkab Tuban.(yon)