RPS-Pertamina EP Latih Jurnalistik di SMA Negeri 1 Soko

oleh -

Tuban,Tabloidnusa.com-Sejumlah wartawan tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban menggelar pelatihan jurnalistik di SMA Negeri 1 Soko di ruang laboratorium sekolah setempat, pada Senin (24/9). Sekolah jurnalistik yang diikuti 31 siswa tersebut bekerja sama dengan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field.

Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda mengatakan, selama pelatihan jurnalistik siswa diberikan materi dasar-dasar jurnalistik, menjadi nitizen cerdas, fotografi, video jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, teknik menulis berita dan terakhir evaluasi penulisan berita. Seluruh materi tersebut merupakan pembekalan jurnalistik tingkat dasar.

“Alhamdulillah melalui sekolah jurnalistik di SMA Negeri Soko ini, kami (RPS) bisa bersilaturrahim dengan Pt Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field,” kata Huda sapaan akrabnya.

Huda yang juga kader terbaik NU Kabupaten Tuban ini menambahkan, sebenarnya selama pelatihan butuh waktu tiga sampai empat hari baru selesai. Namun, meski digelar dua hari optimisi kegiatan akan berjalan lancar. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan para siswa dapat mempraktekkan ilmunya di sekolah.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pertamina EP Asset 4, karena ini tahun kedua sekolah jurnalistik. Dimana sebelumnya dipusatkan di Senori sekitar Lapangan Migas Tapen dan Kecamatan Kenduruan sekitar Sumur Albatros Putih (ABP-1),” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Soko, Edi Sasmito memberikan, apresiasi terhadap kegiatan yang digelar oleh RPS dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. Pihak sekolah merasa bangga karena lembaganya ditunjuk menjadi sasaran program. Kedepan, usai pelatihan anak-anak bisa menerapkan ilmunya dan memproduksi berita positif yang dapat disebarluaskan di masyarakat.

“Terutama dalam menyebarluaskan ilmu-ilmu itu di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Soko, Pemkab Tuban, Suwito juga memberikan apresiasi kepada RPS dan Pertamina EP yang sudah peduli pada siswa di SMA Negeri 1 Soko. Pelatihan ini sangat penting karena untuk memajukan siswa, terutama bagaimana cara menulis yang baik dan membuat berita menarik. Harapannya, selama pelatihan bisa berjalan maksimal dan nantinya menjadi menjadi wartawan di sekolah. Sebab, yang ditunjuk ikut pelatihan jurnalistik ini merupakan siswa pilihan dan tauladan. Sehingga, pola pikirnya harus kritis, kreatif dan inovatif.

“Siapa yang bisa menguasa informasi ia akan sukses. Karena siapa saja akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah jika menguasai informasi. Khususnya diera globalisasi ini kita perlu memperdayakan SDM,” beber mantan Camat Grabagan itu.

Terpisah, Perwakilan Manajemen Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Tarmizi mengungkapkan, terimakasih kepada rekan wartawan tergabung dalam RPS dan Pemkab Tuban yang sudah mendukung kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat yang berada di wilayah perusahaan. Semoga melalui pelatihan jurnalistik siswa di SMA Negeri 1 Soko mendapatkan ilmu tentang jurnalistik dan dapat mempraktekkan di lingkungan sekolah.

“Kami mengharapkan semoga kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.(Wan/Im)

Link Banner