Sampah di Pantai Menumpuk, Ini Upaya Pemkab Tuban

oleh -
Sumarno

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloudnusa.com-Melihat sampah masih banyak ditemui di sepanjang pesisir pantai Kabupaten Tuban membuat pemkab risih. Melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengaku telah melakukan kinerja maksimal mungkin untuk mengatasi sampah yang berada di pesisir.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (PRKP), Sumarno saat di temui Tabloidnusa.com di kantornya, Rabu (9/1/2019) mengatakan, guna mengatasi sampah pihaknya telah rutin melakukan pembersihan pantai. Bahkan, dalam satu minggu telah melakukan pembersihan pantai paling minimum dua kali.

“Melihat banyaknya sampah yang ada di pesisir pantai salah satu penyebanya, karena pasang surutunya air laut. Sebab, kondisi laut di Tuban banyak cekungan, sehingga banyak sampah yang meneumpuk,” terangnya.

Senada disampaikan, Kepala Bidang (Kabid) Kemitraan, Konsevasi dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Aizah Tis Inawati mengungkapkan, pihaknya sudah sering menberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di bataran sungai maupun dekat pantai agar tidak membuang smpah sembarangan.

“Kita sudah lakukan edukasi bagi warga yang tinggal di bantaran sungai agar tidak membuang sampah di sungai,” imbuhnya.

Aizah menargetkan, pembuangan sampah di sungai maupun di laut pertahunnya bisa berkurang. Caranya melalui pembentukan bank sampah serta pembentukan kader lingkungan disetiap kecamatan.

“Kami targetkan pembuang sampah di sungai maupun di laut pertahunya bisa turun, setelah adanya bank sampah dan kader lingkungan,” harapnya.(Lam/Wn)

Link Banner