Satu Pasien Klaster TKHI Sembuh

oleh -
TAMBAH LAGI : Pasien Positif Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh Bertambah

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com –  Satu lagi pasien terkonfirmasi positif covid-19 Kabupaten Tuban dinyatakan sembuh Kamis (14/05/2020). Kali ini pasien dari klaster pelatihan tim kesehetan haji Indonesia (TKHI). Pasien tersebut adalah perempuan berusia 40 tahun asal Kecamatan Tuban.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST., M.Kes., menyatakan,  pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani beberapa kali swab-test.

‘’Sampai akhirnya dua kali berturut-turut hasil tes menunjukkan negatif Covid-19,’’ ujarnya.

Karena pengambilan swab dilakukan pada tanggal 28 April 2020, masa isolasi 14 hari sudah berlalu. Sebelumnya, pasien ini menjalani perawatan dan isolasi di RSUD dr. R. Koesma Tuban sejak 26 Maret 2020 dan dinyatakan terkonfirmasi positif pada tanggal 8 April 2020.

‘’Pasien ini termasuk dalam kauster pelatihan TKHI di Asrama Haji Sukolilo Surabaya,’’ tambah Endah Nurul.

Kabar sebaliknya datang dari pasien PDP laki-laki asal Singgahan yang meninggal dunia. Pasien yang ditetapkan PDP tanggal 8 Mei 2020 ini memiliki penyakit bawaan seperti diabetes melitus dan tuberculosis paru.

“Pasien memiliki resiko karena baru datang dari Jakarta, hasil rapid tes menunjukkan negative. Namun hasil tes swab belum keluar. Sebelumnya pasien dirawat intensif di RSUD dr. R. Koesma Tuban,”  terang perempuan yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Karena itu, pemulasaran dilaksanakan oleh petugas di RSUD dr. R. Koesma dan pemakaman dilakukan sesuai protokol  Covid-19 oleh relawan.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per tanggal 14 Mei hingga pukul 18.00 WIB, jumlah kumulatif  ODP sebanyak 502 orang dengan keterangan sebanyak 480 orang selesai pemantauan. Sisanya 122 orang masih dalam pemantauan.

Sementara itu, seluruh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 40 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh,  9 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 18 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 12 orang, terdiri dari 2 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 8 orang masih dalam perawatan.(yon)

Link Banner