SDI Tuban Tingkatkan Kualitas dan Perbaiki Organisasi

oleh -149 views
KREASI SENI: Peserta didik SD Islam Tuban saat menunjukkan kreasi seni dalam acara haflah akhirussanah.

Pengarahan Ketua Ma’arif pada Acara Haflah Akhirussanah 

TUBAN-Pertengahan hingga akhir Juni lalu, sekolah di bawah naungan LP. Ma’arif NU Tuban, menggelar acara haflah akhirussanah secara serempak. Beberapa madrasah mengundang Ketua LP. Ma’arif Tuban Akhmad Zaini untuk memberikan sambutan atau memberikan pengarahan. Di dalam sambutan atau pengarahannya, Zaini sangat menekankan agar sekolah-sekolah di bawah Ma’arif berikhtiar keras untuk meningkat kualitas.
‘’Tantangan anak-anak kita ke depan sangat berat. Januari 2015 akan diberlakukan Pasar Bebas Asean. Karena itu, anak-anak NU harus kita siapkan sebaik-baiknya. Jangan sampai mereka menjadi tamu di negeri sendiri,’’ kata Zaini saat memberikan sambutan di SMP Islam 4-5 Tambakboyo.
Selain di SMP Islam 4-5 Tambakboyo, secara berurutan Zaini juga memberikan pengarahan di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Salafiyah Kedungharjo, Widang, MI Sabilul Mutaqqin Semberejo, Widang, Yayasan Pendidikan Sumbersari, Kowang Semanding, Yayasan Mambail Huda, Kaliuntu, Jenu, SD Islam Tuban, MI Tanwirul Qulub, SMP dan SMP NU Bancar.
Selain menekankan soal peningkatakan kualitas pendidikan di lingkungan Ma’arif, Zaini juga selalu mengajak agar warga NU memperkukuh persatuan. NU sebagai organisasi (jam’iyah) agar dipekuat. Karena dengan organisasi yang kuat itulah berbagai persoalan strategis bisa dipecahkan.
‘’Saat ini banyak aliran sempalan yang bermunculan. Kebiasaan mereka adalah merasa benar sendiri dan menyalahkan pihak lain. Kalau itu terus dibiarkan berkembang, tentu akan bisa merusak kerukunan, serta persatuan bangsa Indonesia,’’ kata mantan redaktur Jawa Pos ini.

Beda dengan NU, lanjut Zaini, yang selalu mengedepankan toleransi dan penghargaan kepada perbedaan. ‘’Jika bangsa ini tentram dan damai, karena Indonesia adalah mayoritas dihuni warga NU. Karena itu, jika ke depan kita ingin kehidupan di negeri ini tetap damai, maka NU harus tetap kuat dan mayoritas. Karena itu, warga NU harus berusaha untuk terus menjaga keutuhan jam’iyah Nahdlatul Ulama,’’ tegasnya. (aza)