Sebaiknya Periksa Kompor Gas

oleh -388 views
GOSONG : Bekas kobaran api terlihat gosong

TUBAN – Hati-hati bila di rumah menggunakan kompor gas. Periksalah kondisi dan perangkat pendukung kompor tersebut. Jika tidak, kejadian yang menimpa H. Faizol pemilik dan rumah makan di Jalan Basuki Rahmat ini bisa menimpa. Akibat selang regulator aus menyebabkan  kebakaran yang hampir menghanguskan rumah pria tersebut Minggu (5/11).

‘’Ya , akibat selang regulator aur, sehingga kemudian terjadi kebakaran,’’ ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Joko Ludiyono.

Menurut Joko, saat itu pemilik rumah sedang memasak dengan menggunakan kompos gas. Karena selangnya sudah aus, maka saat mendapat tekanan dari gas yang keluar melalui selang, menjadikan selang bocor. Akibatnya, api menyambar gas yang keluar dari selang yang bocor itu. Hingga api langsung berkobar.

SIAGA : Pemadam Kebakatan selalu siaga membantu warga

Dia mengatakan, beruntung pemilik rumah menyediakan alat pemadam kebakaran ringan (apar) berupa tabung merah yang biasa ditempelkan di tembok. Begitu api berkobar, langsung diupayakan dipadamkan dengan apar tersebut. ‘’Kami mengerahkan satu unit mobil pemadam untuk membantu memadamkan api,’’ jelasnya.

Joko mengatakan, warga sudah sering diberi sosialisasi penggunaan apar untuk rumah atau kantor. Tujuannya untuk memadamkam api sementara, sebelum petugas pemadam datang. Warga harus cekatan dan terampil untuk menggunakan apar. ‘’Semoga ini hasil sosialisasi apar kepada warga, sehingga warga cekatan,’’ katanya.(rizqi)

Link Banner